Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 24 September 2023

World Cleanup Day, Wabup Purworejo : Semua Pihak Harus Peduli Lingkungan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri gerakan aksi bersih-bersih dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2023 yang dipusatkan di Pantai Ketawang Indah, Kecamatan Grabag, Sabtu (23/9/2023). Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono ST serta Forkopimcam Grabag. 

Kegiatan yang diawali apel bersama ini, diikuti berbagai unsur seperti, Danposal TNI AL Purworejo, Polsek Grabag, Koramil Grabag, BPBD, Dinporapar, Komunitas Mangrove, Pokdarwis Jaya Ketawang serta Pramuka Saka Kalpataru. Wabup mengatakan sangat mendukung kegiatan yang mengangkat tema ”Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih”, sebagai momentum untuk lebih menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan utamanya terkait persoalan sampah. 

“Saya ingin mengapresiasi semua sukarelawan, organisasi masyarakat, dan pihak-pihak terkait yang telah berperan aktif dalam upaya membersihkan dan menjaga lingkungan kita,” ungkapnya. 

Melalui momentum WCD ini, Wabup berharap persoalan sampah dapat tertangani dengan sebaik-baiknya, demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat. “Kabupaten Purworejo memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan berbagai sumber daya alam yang kaya dan beragam. Namun, kita juga dihadapkan pada berbagai tantangan lingkungan, termasuk masalah sampah dan polusi. Oleh karena itu, acara WCD ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi juga merupakan panggilan untuk bertindak,” tandasnya. 

Menurutnya, saat ini pemerintah terus melakukan kajian dan aksi terkait penanganan sampah, antara lain terhadap produk-produk yang menghasilkan sampah, sehingga pemerintah memberlakukan kebijakan mengurangi plastik dengan bahan yang bisa didaur ulang. Upaya lainnya adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai penghasil sampah, agar mempunyai kepedulian mengelola sampah yang dihasilkan. 

"Selain itu, juga mendorong masyarakat untuk memungut dan memilah sampah yang sudah ada, untuk didaur ulang menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat," paparnya. 

Wiyoto Harjono dalam laporan penyelenggaraannya menyampaikan, kegiatan apel WCD, dilanjutkan dengan aksi nyata pungut sampah plastik di sekitar Pantai Ketawang Indah. "Untuk selanjutnya sampah plastik yang sudah terkumpul akan ditimbang sebagai laporan ke Kementerian LHK disatukan dengan laporan hasil aksi yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah dan instansi-instansi yang sudah terlebih dahulu diberi edaran untuk ikut berpartisipasi," pungkasnya. (kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com