Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 24 September 2023

Implementasi P5, SMPN 17 Purworejo Gelar Festival Empon-empon

Bertemakan Kearifan Lokal, Topiknya Eksplorasi Empon-empon Warisan Nenek Moyang

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Untuk mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah dirumuskan dalam Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 17 Purworejo, Jawa Tengah, yang beralamat di Desa Krendetan Kecamatan Bagelen, menggelar kegiatan Festival Empon-empon sebagai warisan nenek noyang di gedung olahraga sekolah setempat,  Kamis (21/9/2023). 

Festival yang diikuti seluruh siswa kelas 8 tersebut, sebagai bentuk nyata dari siswa dalam mempresentasikan apa yang dipelajarinya, yaitu, mempelajari berbagai macam ragam dan jenis empon-empon, mengetahui manfaat dan sebagainya, kemudian dicoba untuk mengolahnya menjadi suatu produk yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Berbagai jenis olahan berbahan dasar empon-empon seperti jahe, kunyit, beras kencur dan lain sebagainya, disuguhkan dalam bentuk minuman dan makanan yang dibuat oleh siswa dari hasil pengetahuan yang mereka pelajari. Olahan empon-empon yang telah dikemas menjadi suatu produk yang menarik dan higienis itu kemudian ditata secara apik dan dipamerkan. 

Ada beberapa yang disediakan untuk icip-icip ada pula yang dijualbelikan kepada pengunjung yang hadir dalam festival itu. Festival empon-empon dibuka secara langsung oleh Kepala SMP Negeri 17 Purworejo Mudjiburahman SPd, dengan ditandai pengguntingan pita di pintu gerbang lokasi festival. Turut mendampingi dan hadir dalam kegiatan itu, sejumlah guru dan karyawan SMP Negeri 17 Purworejo serta ratusan siswa di SMP Negeri 17 Purworejo. 

"Sebagaimana kebijakan dari pemerintah, kita sedang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang salah satunya kita harus melaksanakan P5 itu berupa projek penguatan profil Pancasila dengan beberapa dimensi yang kita capai untuk meningkatkan karakter anak, nah salah satu tema dalam P5 itu adalah kearifan lokal, maka tahun ini untuk kelas 8 kita mengangkat tentang eksplorasi tentang empon-empon di sekitar Bagelen ini, sehingga anak- anak kita projekkan dengan sebuah kegiatan untuk menggali empon-empon itu apa, potensinya apa, kelebihan apa, keunggulan dan sebagainya, sehingga melalui proses projek itu hari ini mereka kita beri kesempatan untuk menyampaikan tentang proses selama program projek tersebut," ungkap Mudjiburahman. 

Dikatakan, dipilihnya empon-empon dalam kegiatan projek itu, karena pihak sekolah ingin mengenalkan kepada para siswa tentang empon-empon yang banyak dijumpai di daerah Purworejo, utamanya Bagelen sebagai tempat sekolah berada, termasuk tentang kegunaan, manfaat dan khasiat yang dikandungnya. 

"Bahwa sesungguhnya di daerah Bagelen ini sangat banyak sekali produk-produk empon- empon yang bisa digali dan dikenalkan kepada anak, sehingga anak-anak bisa berinteraksi dengan kehidupan sehari-hari, untuk betul-betul memanfaatkan yang ada, karunia Allah yang berikan kepada kita, di daerah kita masing-masing. Maka kita mencoba untuk menguatkan dibudidaya, dan eksplorasi empon-empon tersebut," ujarnya. 

Mudjiburahman melihat, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan itu bagi siswa, selain proses yang cukup menarik, dan kegiatan yang dikuti secara antusias, ketika siswa mengikuti kegiatan projek itu, siswa akan tertanam karakter gotong royong, mandiri, kreatif, juga daya nalar yang kritis terhadap apa yang terjadi. Selain itu, kegiatan itu bisa menjadi fasilitas bagi siswa untuk menanamkan karakter-karakter yang ada, dan terbukti dari produk yang dihasilkan juga sangat baik berdasarkan dengan pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan. 

"Dan ke depan kita berharap sekali tidak berhenti di sini, karena penanaman karakter itu kan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak tidak berhenti hanya di kegiatan P5-nya tapi dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari untuk dimensi-dimensi dalam P5 tersebut," harapnya. 

Disampaikan, bahwa SMP Negeri 17 Purworejo sudah dua tahun ini telah menerapkan Kurikulum Merdeka, dan dari penekanan di P5 itu untuk menguatkan profil pelajar Pancasila, dengan projek tersebut diharapkan bisa ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari dari tema- tema yang ada. 

"Untuk kelas 8 ini kita proyeksikan setelah kegiatan kearifan lokal, besok akan kita tanamkan kepada mereka tentang kebhinnekaan, jadi kita akan memberikan projek kepada anak-anak untuk mengenal budaya-budaya di Indonesia, lalu berikutnya lagi akan kita kenalkan tentang kewirausahaan. Di kelas 7 nya kita juga kenalkan kepada mereka, di antaranya dengan tema suara demokrasi, kemudian tentang keberlanjutan hidup, juga sampai dengan tema bangunlah jiwa raga. Itulah dari projek-projek P5 yang diberikan di SMP Negeri 17 ini," jelasnya. 

Koordinator kegiatan P5 untuk kelas 8, yang juga sebagai guru Prakarya di SMP Negeri 17 Purworejo, Teky Renggani, mengatakan, festival empon-empon adalah suatu pagelaran hasil karya dari anak-anak utamanya dari hasil kegiatan projek yang dilaksanakan dari awal hingga akhir. Projek itu bertemakan kearifan lokal, dengan topik eksplorasi empon-empon warisan nenek moyang. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com