Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 20 September 2023

Nderek Dawuh Pusat Besarkan NU, Abtadiussholikhin Maju Caleg lewat PKB

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kepala Desa Kaliwader, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, Abtadiussholikhin SHI, secara resmi telah mengundurkan diri dari jabatannya dan telah memutuskan untuk maju sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu 2024 mendatang. Keputusan itu diambil setelah dirinya mendapat dawuh (mandat) dari sejumlah Kyai Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Bener dan guru (ustad) dari pondok pesantren, dengan tujuan untuk membesarkan NU melalui jalur politik, yakni dengan menjadi anggota DPRD lewat PKB Dapil 6 (Gebang, Bener dan Loano) nantinya. 

"Secara umum motivasi saya maju nyaleg untuk mengabdi kepada Nahdlatul Ulama dari lingkup politik. Karena basic saya itu politik kemudian pengusaha juga. Selain itu karena saya nderek dawuh pusat, nderek dawuh bopo guru, nderek dawuh kyai, jadi saya harus mengundurkan diri untuk nyaleg. Terus terang saya didawuhi oleh beberapa Kyai di Kecamatan Bener, yang basic-nya semua Nahdlatul Ulama, untuk nyaleg dari PKB. Kemudian atas restu beliau pengasuh Pondok Pesantren Al Iman Bulus, yaitu Hasan Al Baabud Bulus, kemudian Gus Raden Mahfud pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Maron, lalu Gus Yusuf pengasuh pondok pesantren di Tegalrejo, Magelang, maka saya Sami'na wa atho'na, nderek dawuh pusat pokoke," ungkap Abtadiussholikhin, saat ditemui di rumahnya, Senin (18/9/2023) sore. 

Abtadiussholikhin yang saat ini juga aktif sebagai Ketua Bidang Ekonomi Ikatan Keluarga Mutakhorijin Al-Iman (IKMA) Ponpes Al Iman Bulus, penasehat GP Ansor Desa Kaliwader, mengaku telah menjadi kepala desa di Desa Kaliwader selama dua periode, yakni periode 2012 - 2019 dan periode 2019 - 2025. 

"Tapi di tahun 2023 ini saya mengundurkan diri. Jadi sekarang saya sudah jadi Mas mantan kades," kata Abtadiussholikhin yang saat ini tinggal di Dusun Dukuh RT 6 RW 1 Desa Kaliwader. 

Disampaikan, dirinya mulai bergabung di PKB tahun 2023 ini. Alasan PKB menjadi pilihannya, selain ngemban dawuh kyai juga karena PKB merupakan partai yang berafiliasi dengan NU. Menurutnya, Nahdaltul Ulama sebagai organisasi keagamaan, tentunya tidak boleh berpolitik secara praktis, namun berafiliasi secara nyata dengan PKB, oleh karena itu dirinya mantab maju menjadi caleg lewat PKB karena untuk mengabdi kepada Nahdlatul Ulama melalui jalur politik. 

"Walaupun tidak ada anggaran dasar secara resmi yang menjelaskan tentang itu, namun secara nyata dan fakta di lapangan, PKB berafiliasi dengan NU. Tapi kalau ada orang bilang NU tidak ada kaitannya dengan PKB atau PKB tidak ada kaitanya dengan NU ya boleh saja, tapi fakta di lapangan kebanyakan, mayoritas seperti itu. Tidak ada visi misi khusus yang diusung, yang ada itu visi misi partai, jadi saya nderek dawuh pusat, kebijakan partai seperti apa saya ikut. Semoga nanti kita bisa menampung aspirasi dari masyarakat dalam hal ini adalah aspirasi Nahdalatul Ulama di Dapil 6 (Gebang, Bener dan Loano)," jelasnya. 

Sebagai warga NU asli, Abtadiussolikhin, memiliki prinsip dalam kehidupaan sehari-hari, yakni sanad atau jalur adalah nderek dawuh kyai, karena yang dawuh itu merupakan ustad, guru, juga kyai baginya, maka ketika ada dawuh (perintah) untuk nyaleg lewat PKB, maka saya dirinya mengikutinya. 

"Nderek dawuh pusat itu saya terjemahkan misal saya jadi pengusaha itu saya nderek dawuh pusat berarti saya harus mengikuti yang punya modal, dalam hal ini ikut pabrik, pusatnya pabrik maka saya jualnya harga ikut pabrik. Lalu ketika saya sebagai orang NU, saya nderek dawuh pusat itu berarti saya ikut kepada kaidah-kaidah pendiri Nahdalatul Ulama, KH Hasyim Asngari dan lainnya. Dan ketika saya di PKB, saya nderek dawuh pusat, maka saya ikut dawuh kebijakan dari DPP, kalau di Jawa Tengah, PKB ya saya nderek dawuh dari Gus Yusuf di Tegalrejo sebagai ketuanya, kemudian kalau di PKB Kabupaten, maka saya nderek dawuh Gus Mahfud dan pak Fran Suharmaji sebagai ketua DPC PKB Purworejo," terangnya. 

Selain menjabat sebagai kepala desa dua periode, Abtadiussholikhin juga merupakan pengusaha sukses di wilayah Bener. Ada tiga bidang usaha yang miliki yang semuanya di beri nama dengan nama Sri Rejeki. Tiga bidang usaha itu di antaranya usaha bisnis porang (Sr Rejeki Porang), usaha penggemukan kambing Jawa (Sri Rejeki Farm) dan usaha leveransir material (Sri Rejeki leveransir). 

Untuk usaha bisnis porang telah ditekuni sejak tahun 2019, usaha leveransir material sejak tahun 2012 dan usaha ternak kambing Jawa sejak tahun 2022. Nama usaha Sri Rejeki itu merupakan pemberian dari orang tuanya, yakni Haji Muslih dan Nurhasanah. "Karena menjadi kepala desa itu kan jabatan amanah, jadi kalau dengan bayaran sekian untuk kebutuhan sehari-hari pasti tidak cukup, saya harus tetep berusaha di luar jadi kepala desa, begitupun besok ketika saya jadi anggota Dewan, saya tetep sesuai basic saya jadi pengusaha dan peternak, saya tetep ngarit dan saya tetep ngasih pakan kambing juga tetep jualan porang," bebernya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com