Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 05 Agustus 2023

Art Center Purworejo Diresmikan Bertepatan Ultah Bupati Agus Bastian

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-  Bertepatan dengan momen ulang tahunnya yang ke-64, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM meresmikan Art Center Purworejo yang terletak di kompleks pendopo kabupaten, Jumat (4/8/2023). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Namun sebelumnya, Bupati mendapat kejutan berupa tumpeng ulang tahun dari jajaran Pemkab, yang kemudian dipotong dan diserahkan kepada Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH. 

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Dr dr Haryadi Suparto DoR MSc APU karena telah menghibahkan koleksi barang antik berupa alat-alat kesehatan dari orangtuanya, untuk menjadi salah satu koleksi di Art Center. Tampak hadir Kepala Dinporapar Jawa Tengah diwakili Analis Kebijakan Amirudin, Sekda Drs Said Romadhon, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP, Dandim 0708 Yohanes Heru Wibowo, Kapolres AKBP Victor Ziliwu SH SIK MH, Kepala OPD terkait, camat serta perwakilan kepala desa se-Kabupaten Purworejo. 

Bupati mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Dinporapar Kabupaten Purworejo dan pihak-pihak terkait yang mendukung pembangunan Art Center. 

”Pembangunan Art Center dalam prosesnya sempat diragukan, tetapi itu bisa ditepis dengan hasil yang sangat luar biasa,” pujinya. 

Dikatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Purworejo Berdaya Saing 2025, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor unggulan dan menjadi lokomotif perekonomian daerah. Dalam koridor Proyek Strategis Nasional seperti Bandara YIA, Kawasan Otorita Borobudur dan Bendungan Bener, posisi Purworejo sebagai hub atau penghubung antar daerah bagi kawasan destinasi super prioritas. 

”Hal itu menjadi keuntungan yang perlu dikembangkan sebagai modal dalam membangun Purworejo ke depan,” tandasnya. 

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Purworejo secara serius melakukan penataan dan pengembangan kawasan pariwisata di banyak tempat, salah satunya yang berada di Kawasan Pariwisata Perkotaan. Konsep heritage dan berkesinambungan menjadi salah satu kekuatan pariwisata perkotaan yang meliputi kawasan alun-alun, pendopo rumah dinas Bupati, Museum Tosan Aji, Heroes Park, Sport Center, Kawasan Arta Tirta, Geger Menjangan dan Mini Zoo yang dibangun tahun ini. Dikatakan lebih lanjut, keberadaan Art Center diharapkan dapat melengkapi kawasan perkotaan dengan konsep mengangkat memori kolektif masyarakat untuk mengenang masa lalu. Dengan konsep itu, maka event-event yang akan digelar di Art Center diproyeksikan memiliki tema-tema yang mengangkat memori kolektif masyarakat. 

"Art Center kita letakkan di pusat kota sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif atau Purworejo Creative Space, yang kedepannya dapat menjadi ikon sekaligus magnet bagi pengembangan pariwisata perkotaan. Art Center ini termasuk yang terlengkap di Jawa Tengah," jelasnya. Sementara Kepala Dinporapar Stefanus Aan Isa Nugroho mengatakan bahwa Art Center ini merupakan center point Kabupaten Purworejo. 

”Art Center ini memiliki tiga fungsi yaitu fungsi edukasi, konservasi dan terakhir sebagai showroom bagi seluruh pelaku seni di Kabupaten Purworejo," katanya. (kj)

Sumber Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com