Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 14 Desember 2022

Inilah Keempat Penari Warak Dugder SMPN 4 Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Di tangan kepemimpinan Suswanto SPd MPd, SMPN 4 Purworejo kian dimaksimalkan dalam berbagai potensi dan kreativitasnya. Terbaru, para siswi SMPN 4 Purworejo tampil pada pameran UMKM di Kutoarjo, dengan membawakan tarian Warak Dugder.

Mengenal tarian tersebut, Tari Warak Dugder dalam komunitas tirang budaya merupakan seni perpaduan antara tari tradisional dengan kreasi baru. Tari Warak Dugder memiliki penggarapan khas yang menarik untuk diteliti kekhasannya, terletak pada gerak tari yang mengandung banyak simbol dan makna.

Warak memiliki filosofi makna yang selalu relevan sebagai pedoman hidup manusia pada zaman apapun. Wujud makhluk-makhluk rekaan yang merupakan gabungan tiga simbol etnis yang mencerminkan persatuan atau akulturasi budaya di Semarang, Jawa Tengah.

Ciri khas bentuk yang lurus dari warak menggambarkan citra warga Semarang yang terbuka, lurus, dan berbicara apa adanya, sehingga tak ada perbedaan antara ungkapan hati dengan ungkapan lisan.

Properti yang digunakan adalah sampur yang dibuat dari kain sifon dan memakai payet. Biasanya pengrajin membuat sampur dengan model-model terbaru seperti jumputan, cinde atau gendolo giri yang menggunakan kain santung. (*/kj)

Para penari SMPN 4 Purworejo yang tampil :

1.    1. Alin Prischa Saputri

2.    2. Rahma Rahayu Lestari

3.    3. Asyifa Mega Mustika

4.    4. Wafa Nazilarul Humaira

su sumber  : tim kreatif smpn4 purworejo

fo  foto        : ngabdiri koim

     editor     : tomo widodo 

fi

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com