Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 14 Desember 2022

Gedung DPRD Purworejo Miliki Wajah dan Sejumlah Fasilitas Baru

Siap Diserahterimakan, Sudah Ditinjau Kepala DPUPR Suranto

Kepala DPUPR Purworejo saat peninjauan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Gedung DPRD Kabupaten Purworejo siap diserahterimakan usai direhap dalam beberapa bulan terakhir. Selain memiliki wajah baru, gedung tersebut juga bakal difungsikan dengan penambahan sejumlah fasilitas memadai.

Berdasarkan papan proyek di lokasi gedung diketahui, rehab gedung DPRD dilaksanakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Iyhamulik Bengkang Turan dengan Konsultan Pengawas PT Elcentro Engineering Consultant dan Konsultan Perencana CV Fasa Consultant. Proyek berlangsung selama 180 hari kerja dengan nilai kontrak sebesar Rp 14.7 miliar.

Kesiapan serah terima gedung secara khusus ditinjau oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo, Suranto SSos MAP, bersama Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Rehab Gedung DPRD, Rizki Khozari ST, pihak kontraktor pelaksana, dan pengawas, pada Rabu (14/12/2022).

Kepala DPUPR saat dikonfirmasi melalui Rizki Khozari menyampaikan bahwa berdasarkan kontrak kerja, ada keterlambatan dua hari dari batas akhir pekerjaan yang telah disepakati, yakni tanggal 12 Desember 2022. Namun, berdasarkan peninjauan yang dilakukan dapat ditargetkan seluruh pekerjaan gedung dapat selesai pada tanggal 14 Desember 2022 malam.

“Ini tinggal pekerjaan yang ringan-ringan, seperti finishing dan cleaning. Kita targetkan besok tanggal 15 bisa serah terima dari penyedia jasa,” katanya.

Menurutnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi mundurnya pekerjaan. Salah satu yang paling dominan yakni adanya sejumlah pekerjaan baru yang tidak terdeteksi dalam perencanaan sehingga menambah waktu pekerjaan. Faktor cuaca juga menjadi kendala karena beberapa pekerjaan sangat bergantung dari cuaca yang baik.

“Karena ini pekerjaan rehab memang tambah kurang, ada beberapa pekerjaan yang harus ditambah dan ada yang harus dikurangi dari perencanaan. Ada beberapa yang tidak terdeteksi dalam perencanaan dan itu harus dikerjakan saat sudah dilaksanakan,” sebutnya.

Beberapa yang harus ditambah itu misalnya pekerjaan pemotongan balok struktur di dua lokasi pemasangan eskalator dan sanitasi. Sementara pengurangan pekerjaan antara lain pada pengaspalan halaman gedung.

“Jadi karena memang keterbatasan anggaran, sisa anggaran dari pekerjaan utama ini baru bisa untuk mengaspal halaman depan, belum sampai halaman Gedung B dan Setwan,” lanjutnya.

Kendati demikian, secara umum seluruh target pekerjaan tercapai. Gedung DPRD nantinya difungsikan dengan sejumlah fasilitas baru, seperti landscape gapuran baru pada wajah bagian depan gedung, area drop off, akses bagi disabilitas, eskalator pada bagian utara dan selatan counter information, serta tata ruangan yang memadai untuk media center, komisi, wakil pimpinan, dan pimpinan yang representative. Seluruh ruangan dilengkapi AC. 
Fasilitas keamanan juga didesain memadai dengan adanya CCTV, alarm detector, smook detector, dan Alat pemadam api ringan (apar).

“Ada juga push buttom dan setiap ruangan dilengkapi ceiling speaker untuk pengumuman,” ungkap Rizki.

Sementara itu, Site Manager Rehab Gedung DPRD dari PT Iyhamulik Bengkang Turan, Putut Dri Sulono, mengakui adanya beberapa faktor yang mempengaruhi mundurnya pekerjaan. Dua di antaranya yakni faktor cuaca dan adanya pekerjaan tambahan yang baru terdeteksi ketika pekerjaan dimulai.

“Karena ini rehab, jadi kita tidak memulai dari nol ya. Ada beberapa pekerjaan di luar perencanaan yang baru terdeteksi ketika sudah mulai jalan,” terangnya.

Pekerjaan baru itu antara lain saat pertama pembongkaran pintu di sejumlah ruangan. Pekerjaan bertambah dengan adanya pembongkaran bongkar sebagian didnding yang disertai perbaikan. Kemudian saat pembongkaran struktur balok tangga existing, (lama) harus dilakukan pemotongan balok untuk menyesuaiakan sudut kemiringan. Adanya penambahan pekerjaan itu juga mempengaruhi pengadaan barang.

“Ada juga sanita air, beberapa closed existing ternyata tidak berfungsi dan pihak pengadaan minta diganti. Sejumlah pipa juga harus diganti. Pengadaan barang butuh waktu sehingga otomatis waktu juga bertambah,” bebernya.

Terkait faktor cuaca, kondisi itu cukup berpengaruh. Misalnya pada proses pemasangan Alumunium Composet Panel (ACP) di sejumlah sisi gedung. Penyambungan rangka harus dilakukan dengan las sehingga harus dilakukan dalam kondisi tidak hujan. Sementara akhir-akhir ini kerap terjadi hujan dalam durasi lama.

“Demi keamanan karena kalau basah itu nyetrum, pengelasan harus dalam kondisi benar-bbenar kering,” lanjutnya.

Menyikapi kondisi itu, pihaknya mengaku telah melakukan sejumlah antisipasi sejak awal. Antara lain dengan menambah jumlah pekerja dan menerapkan sistem lembur. Dengan demikian, seluruh pekerjaan utama telah selesai sebelum batas akhir.

Kendati sempat dikebut, pihaknya juga memastikan seluruh pekerjaan sesuai perencanaan dan berkualitas.

"Dua hari ini kita fokus finishing dan cleaning. Initingal sedikit, targetnya tanggal 14 malam ini semua selesai dan bisa segera diserahterimakan,” tandasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com