Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 14 Desember 2022

Wabup Purworejo Serahkan Sertifikat ODF bagi 71 Desa/Kelurahan 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sebanyak 71 desa/kelurahan di Kabupaten Purworejo menerima sertifikat Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Penyerahan sertifikat dilakukan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, di Pendopo Agung Kabupaten Purworejo, Rabu (14/12/2022), yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono ST, Ketua Baznas KH Achmad Hamid AK SPdI, camat, kepala puskesmas dan unsur terkait lainnya. 

Wabup menyampaian bahwa dalam rangka memperkuat budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan, Kementerian Kesehatan telah mengembangkan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). "STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan" jelasnya. 

Dikatakan, terdapat lima tujuan yang ingin dicapai dalam STBM, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan yang aman, pengelolaan sampah dengan benar, serta pengelolaan limbah cair rumah tangga yang aman. Selanjutnya Wabup menambahkan, dari 35 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Purworejo berada di posisi ke-32. 

"Saya berharap, masyarakat tetap semangat dan memiliki motivasi yang tinggi, sehingga segera terwujud Kabupaten Purworejo ODF menuju masyarakat Purworejo yang sehat," pesannya. 

Di sisi lain Sudarmi menambahkan, kegiatan ini merupakan apresiasi kepada Desa/Kelurahan yang telah melaksanakan ODF di tahun 2022. Pada awal tahun 2022 Kabupaten Purworejo merupakan satu dari 10 Kabupaten/Kota yang belum ODF, akan tetapi pada akhir tahun 2022 tinggal 6 Kabupaten/Kota yang belum ODF. Lebih lanjut dijelaskan, desa/kelurahan di Kabupaten Purworejo yang sudah ODF sebanyak 322, sedangkan 172 desa belum ODF dan akan diselesaikan di tahun 2023. 

“Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh lingkungan genetik, perilaku, dan fasilitas pelayanan kesehatan. Penyakit yang di pengaruhi oleh lingkungan kesehatan terutama yang terkait dengan ODF di antaranya likoui, diare, hepatitis B dan leptosipinosis,” tandasnya. (*/kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com