Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 10 November 2018

Hari Pahlawan di Era Milineal, Dandim Gasim : Isi Kemerdekaan dengan Pembangunan

Dandim Muhclis Gasim dan istri Rina Safrida
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Setiap tanggal 10 November, negara kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Sejarah mencatat, bahwa peringatan ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur untuk mengibarkan sang Saka Merah Putih. Di bawah pimpinan Bung Tomo, para pemuda Surabaya, tak gentar menurunkan merobek warna biru bendera Belanda untuk dijadikan merah, putih. 

Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf Muslich Gasim SH MSi, berbicara mengenai arti dan refleksi Hari Pahlawan di era milenial ini. “Saya mengajak generasi milenial, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo untuk memiliki kesadaran yang tinggi dalam rangka mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan,” kata Dandim kepada penulis di ruang kerjanya, Jumat (9/11/2018). 


Masyarakat, khususnya generasi muda, jangan terjebak primordialisme dan ego sektoral yang berpotensi memecah belah NKRI. Jika memang memiliki ide yang sama untuk kemajuan dan pembangunan, hendaknya disatukan ide-ide tersebut, tidak ada yang boleh merasa paling baik dan paling benar. 

“Musyawarah untuk mencapai mufakat harus selalu kita kedepankan. Jika memang ingin bersaing ya harus bersaing secara bermoral dan gentleman,” ujar suami dari Rina Safrida ini. 

Pahlawan jaman dulu, menurut bapak 2 anak ini, telah mengorbankan segalanya untuk meraih kemerdekaan. Bukan hanya harta, nyawa pun mereka korbankan. Semua yang hidup di era sekarang harus meneruskan perjuangan para pahlawan. Musuh Utama Adalah Kita Sendiri Semangat perjuangan para pahlawan, tidak boleh dimaknai secara sempit, kita harus memiliki semangat juang dan rela berkorban, minimal dalam meraih cita-cita. 

“Bangsa ini, mau tidak mau akan diwarisi oleh generasi muda. Jadi mereka harus meneladani semangat pantang menyerah dari para pahlawan. Kalau generasi muda tidak memiliki daya juang tinggi, bagaimana nasib bangsa ini selanjutnya. Saat ini kita tidak dalam keadaan berperang melawan musuh. Musuh kita sekarang adalah diri kita sendiri. Rasa malas, hawa nafsu dan kejelekan lain menjadi musuh utama kitam,". 

“Bahkan sekarang, maunya serba instan. Ingin meraih sesuatu, tidak.mau belajar dan berjuang hanya mengandalkan katabelece atau surat sakti. Semua itu memerlukan proses supaya kita tahu sampai di mana kemampuan dan karakter kita,” imbuh pria kelahiran 17 Juni 1978 tersebut. 

Sebagai abdi negara, TNI selalu bersinergi dengan masyarakat dan stakeholders terkait. “Kami punya program ketahanan wilayah (tahwil). Bagi kami untuk menjaga kondusifnya suatu daerah, diperlukan SDM yang bagus pula. Karena itulah untuk generasi muda kami ada program pembinaan Pramuka, karya bakti, sosialisasi tentang bahaya narkoba dan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata dia. 

Jadi sebagai generasi muda di era milenial ini, harus terus berjuang paling tidak untuk meraih cita-cita  sendiri. "Karena nasib bangsa ini ada di tangan generasi muda. Seperti kata Bung Karno ‘Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia’, peran pemuda sangat penting guna meneruskan semangat para pahlawan," tegasnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com