Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 10 November 2018

Outbond STM YPT : Kodim Sampaikan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

Outbond STM YPT Purworejo, personel Kodim menanamkan rasa cinta tanah air
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID- Perwira Teritorial Kodim 0708 Purworejo Kapten Infanteri Setyo Herdiyanto memberikan materi wawasan kebangsaan, nasionalis serta cinta tanah air, pendidikan karakter anti narkoba serta menanamkan kekompakan melalui outbond di STM YPT Purworejo, Kamis (8/11/2018). 

Kegiatan ini berlangsung di aula STM YPT Pangenrejo Purworejo yang diikuti 100 siswa Siswi SMK YPT. Setyo Herdiyanto selaku pemateri menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa terhadap prinsip-prinsip dasar kebangsaan yang menjadi ciri atau identitas kepribadian bangsa tersebut. 

Sehingga dengan berpedoman kepada cara pandang yang menjadi prinsip dasar kebangsaannya itu, maka bangsa tersebut memiliki sikap dan jati diri sesuai dengan nilai-nilai dasar yang dianutnya. 


“Kondisi semangat nasionalisme kebangsaan saat ini mengalami penurunan penyelesaian konflik dengan kekerasan rasa kedaerahan tinggi diskriminasi masih terjadi pudarnya kebanggaan terhadap identitas bangsa, lemahnya penegakan hukum rendahnya disiplin moral dan etika, penyebabnya melupakan sejarah Bangsa Indonesia, heterogenitas bangsa Indonesia, pemimpinan tidak memberi tauladan, hilangnya pendidikan karakter, persaingan yang semakin ketat serta budaya asing dan globalisasi," jelas Pasi Ter. 

Lebih lanjut kenakalan remaja seperti tawuran harus di jauhi, maka dari itu untuk menjaga semua itu pentingnya pondasi yang kuat terutama masalah agama, hindari pergaulan yang akan merusak generasi muda. kita patut berbangga, karena kita di Indonesia secara gemilang berhasil mempersatukan anak-anak bangsa yang pluralistik menjadi satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air. 

"Kita semua sadar bahwa saat ini kita hidup di era globalisasi yang seolah-olah negara tanpa batas (boardless) dengan segala bentuk dinamikanya. Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi. Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan bela negara," imbuh Pasi Ter. 

Selain menyampaikan Wasbang anggoto Kodim 0708 Purworejo juga mengajarkan siswa siswi materi outbound, dengan dilatihkannya outbound diharapkan anak anak bisa terbentuk kekompakan, kerja sama, jiwa korsa yang kaut serta menumbuhkan motifasi daya ingat kreativitas siswa. 

Sementara itu Eri Ponco Prasetyo S.Pd. T selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0708 Purworejo yang telah memberikan materi wawasan kebangsaan, dengan telah di berikan materi tersebut anak anak atau siswa siswi kami memiliki kebangsaan atau nasionalisme terhadap Indonesia dan menumbuhkan kesadaran mereka terhadap pentingnya nasionalisme untuk mereka nantinya kerja serta sebagai bekal generasi penerus bangsa. 

"Semoga setelah disampaikannya wawasan kebangsaan para siswa bisa menerapkan minimal di sekolah di organisasi masyarakat serta bisa mempelopori segala kegiatan yang ada di masyarakat yang sifatnya positif," tandasnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com