Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 21 November 2017

Demi Percepatan Pembangunan, Jangan Sampai Pembangunan Desa Terlambat



Luhur Pambudi saat meninjau salah satu desa
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Ir Luhur Pambudi MM menaruh perhatian serius agar pembangunan di desa-desa yang ada di Kabupaten Purworejo, dapat berjalan lancar dan tepat waktu pengerjaannya. APBDes yang dinilai memadai untuk pembangunan desa, Luhur mendorong para kepala desa dan perangkatnya, dapat memaksimalkan untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.


Mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Tengah ini mengakui,  mendapat beberapa laporan jika masih ada desa-desa yang pengerjaan pembangunannya masih terlambat, padahal teragenda  menggunakan ADD tahap I.



“Jika ADD tahap I saja baru di bulan November akhir cair, giaman tahab II? Ini tidak betul proses pembangunan seperti ini. Apa kendalanya? Lambat dari desa, persyaratan kurang lengkap atau dari dana ADD-nya yang telat, harus ditelusuri supaya tahun depan tidak seperti  ini,” beber Luhur, Selasa (21/11/2017).

Tampak depan balai desa Briyan yang dikunjungi Luhur Pambudi
Luhur menelusuri, dari 469 desa se-Purworejo,  mana yang ADD tahab I sampai akhir Oktober belum cair, termasuk yang sudah cair tahab II sampai pertengahan November ini.

Luhur menegaskan kembali, demi percepatan pembangunan sesuai Instruksi Presiden, jadi  diharapkan menjadi perhatian untuk semua. “Karena di PP dan Perbup sudah bunyi paling lambat  tanggal berapa. Ini dari desanya sendiri atau dari aparatur kabupaten atau malah dari pusatnya yang lambat kasih dana desa,” urai Luhur.

Mengenai keterlambatan pencairan, Luhur memperkirakan banyak penyebabnya. Desa secara umum terbebani syarat pencairan yang pada umumya keterlambatan dari desa itu sendiri ada masalah administrasi atau kurang sinkron tim fasilitasi dan ketidak mampuan perangkat, dan sebagian dampak dari penarikan sekdes yang tidak memperhitungkan kesiapan desa.

Faktor lain seperti kepala desa dibingungkan dengan regulasi turunan yang menjerat desa. Kepedulian Luhur untuk kelancaran pembangunan desa, dirinya sampai turun mengecek ke desa-desa. Seperti Rabu (22/11/2017) dirinya meninjau di Desa Briyan Kecamatan Ngombol. Berdasarkan informasi perangkat setempat, pembangunan berjalan lancar tinggal penyelesaian hingga akhir Desember 2017.  (tim kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com