Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 22 November 2017

Fokus Pembentukan Karakter : Siswa-siswa SMPN 14 Berbudi Pekerti Luhur



Teguh Bagyanto
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Baru menjabat sekira 6 bulan menjadi Kepala Sekolah SMPN 14 Purworejo, Teguh Bagyanto MPd, mampu mewujudkan semangat kebersamaan yang tinggi semua civitas akademika SMPN 14. Mulai dari para guru hingga semua siswa. Teguh sapaan akrab Teguh Bagyanto, menaruh perhatian serius mengenai pembentukan karakter yang kuat pada anak-anak didiknya.

Tak hanya anak didik, dirinya juga mengajak kepada semua guru untuk selalu menerapkan kasih sayang dalam mendidik, kegiatan belajar mengajar (KBM) keseharian,  yang pada prinsipnya tidak ada anak yang nakal, tidak anak yang bodoh, dengan sentuhan yang tepat, anak dengan kemampuan dan bakat masing-masing akan menemukan jalannya. 



Ruang kesenian SMPN 14 Purworejo
"Pembentukan karakter memang kami fokuskan di awal-awal menjadi kepala sekolah. Jika harus pembangunan fisik, pasti terkenda anggaran. Namun dengan pembentukan karakter, akan berimbas positif pada banyak hal," ungkap Teguh kepada media ini, Selasa (21/11/2017) siang. 

"Tak hanya bagi para siswa, para guru pun memahami perlu pendidikan yang berbasis kasih sayang. Jangan katakan anak itu anak, jangan katakan anak itu bodoh, cuma karena butuh perhatian saja. Bila ada yang agak ekstrim, kami beri porsi perhatian lebih, dan menjadi berubah lebih baik," beber Teguh yang menambahkan, program home visit juga dijalankan di SMPN 14 yang berada di wilayah Kecamatan Butuh.

Contoh penerapan pendidikan karakter seperti setiap harinnya, 2-5 guru berdiri di depan pintu gerbang sekolah, menyambut anak-anak masuk sekolah. "Terkadang saya juga turun, jadi para guru menyambut anak-anak. Menyalami, menegur  memberi motivasi. Tidak ada anak yang terlambat, pukul 06.45 menit, sudah semua masuk. Anak-anak mempunyai hubungan baik dengan para guru, ke sekolah dengan semangat dan bahagia, " urai dia. 

"Dari pendidikan karakter itu, anak-anak punya sikap yang santun, budi pekerti luhur kepada guru dan orangtua. Termasuk setiap harinya kecuali Senin, per kelas secara bergiliran punya tugas masing-masing menaikkan bendera Merah Putih. Membentuk semangat kebangsaan, cinta tanah air. Meskipun bukan upacara hari Senin, menaikkan bendera Merah Putih tetap dengan formal, mengajak mengharga jasa para pejuang. Termasuk setiap hari saat di dalam kelas, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya," beber Teguh. 

Sementara untuk pembenahan fisik,  ada bantuan lebih dari Rp 100 juta untuk rehap total ruang kesenian dan pembenahan ringan ruang kelas. "Saat ini anak-anak jika praktek kesenian, ada ruangan khusus. Digunakan untuk seni musik, tari. Bahkan senam pun menggunakan ruangan itu," tegas Teguh. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com