Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 12 Desember 2023

Hadiri HDI, Yuli Hastuti Serahkan Sertifikat Desa Inklusi

Kolaborasi Yakkum dengan Pemkab Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan sertifikat desa inklusi secara simbolis kepada 25 desa inklusi yang ada Kabupaten Purworejo. Penyerahan sertifikat dilakukan di sela-sela acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), di halaman Art Center Senin (11/12/2023). Tampak hadir Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP dan sejumlah pejabat terkait. 

Yuli Hastuti mengatakan, tema Hari Disabilitas Internasional tahun ini adalah "Bersatu dalam Aksi untuk Menyelamatkan dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk dengan dan oleh Penyandang Disabilitas”. Tema ini memberikan dorongan untuk melibatkan secara aktif dan kolaboratif penyandang disabilitas dalam proses pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. 

"Pemerintah Kabupaten Purworejo telah berusaha terus menerus meningkatkan berbagai akses, bahkan akses pekerjaan bagi penyandang disabilitas. Dalam pembangunan infrastruktur, pemerintah selalu berusaha menciptakan lingkungan bebas hambatan bagi disabilitas," ungkapnya. 

Ia juga menegaskan upaya pemberdayaan disabilitas tidak bisa hanya dibebankan kepada pegiat disabilitas, pemerintah, dunia usaha, atau akademisi saja. Untuk mendukung proses pembangunan di Indonesia harus saling bahu membahu menciptakan masyarakat yang adil, berdaya, dan menghargai setiap individu. 

"Sangat penting diperhatikan bagaimana memperbaiki cara pandang masyarakat yang menempatkan penyandang disabilitas sebagai bagian dari keberagaman," katanya. Sementara itu ketua panitia Sukarjo melaporkan, kegiatan peringatan hari disabilitas internasional adalah bagian dari upaya untuk mendukung kesetaraan bagi kaum disabilitas dalam proses pembangunan di Indonesia yang inklusif. 

"Setiap tanggal 3 Desember diadakan peringatan Hari Disabilitas Internasional, yang diikuti berbagai komunitas disabilitas yang ada di Purworejo," katanya. 

Sedang Rita perwakilan dari Yayasan Rehabilitasi Yakkum mengungkapkan, kolaborasi Yakkum dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo terjalin sejak tahun 2014. Secara bertahap telah mendampingi 25 desa, melalui program desa inklusi. 

"Tujuan dari pendampingan desa inklusi ini adalah untuk menjamin kualitas hidup penyandang disabilitas, anak perempuan dan lansia melalui layanan desa sosial dan kesehatan. Saat ini sudah ada 25 desa inklusi dan sudah ada level-levelnya, di antaranya 1 desa di level madya, 11 desa di level utama dan 13 desa di level pentore," jelasnya. (*/kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com