Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 12 Desember 2023

Ditlantas Poda Jateng Monitoring Penggunaan ETLE Drone di Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ditlantas Polda Jateng yang dipimpin AKP Tri Afandi selaku Kanit VI Subditgakkum melakukan sosialisasi dan monitoring serta merefleksi kembali penggunaan ETLE Drone. Hal itu kaitannya dengan penindakan pelanggaran lalu lintas, di mana sosialisasi dilakukan Selasa (12/12/2023) siang di Purworejo. 

Sosialisasi uji coba ini dilakukan di pertigaan lampu merah kolam renang Purworejo Arta Tirta Kabupaten Purworejo. Sementara itu dari jajaran Satlantas Polres Purworejo turut mendampingi KBO Iptu Muslim Hidayat, Kanit Gakkum Iptu Eko Rosdianto, Kanit Patwal Iptu Subandi, Kanit Dikyasa Ipda Gatot H serta sejumlah anggota. 

AKP Tri Afandi di sela kegiatan menyebutkan, sosialisasi dan monitoring tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari personel Satlantas Polres Purworejo mengikuti pelatihan pada 19 September 2023 lalu. 

"Kita mereview dan merefresh kembali, sebelum nanti kemungkinan ada pendistribusian Drone ke jajaran, rekan-rekan di sini sudah siap," ujar Afandi. 

ETLE Drone ini merupakan sarana seperti ETLE yang lain, seperti statis maupun hand held, dan ini menggunakan drone tentunya lebih efisien, lebih mobile dan lebih menjangkau tempat rawan pelanggaran yang tidak terbackup ETLE statis maupun ETLE hand held. Saat uji coba yang berlangsung kurang lebih terbang 3 - 5 menit, ter-capture beberapa pelanggaran terutama tidak menggunakan helm serta tidak menggunakan sabuk keselamatan. 

Ada sekitar 10 pelanggaran yang tertangkap kamera drone dalam ujicoba tersebut. Pelanggar yang sudah ter-capture ini, jelas Afandi, datanya dikirim ke back office untuk diverifikasi dan divalidasi. Kalau sudah valid, sesuai dengan nopol yang tertera, nantinya dikirim surat ke pelanggar menggunakan surat konfirmasi. 

Selanjutnya pelanggar akan mengonfirmasi ke Satlantas Polres Purworejo. Tindak lanjut dari sosialisasi dan uji coba ini, kata Afandi, pihaknya menunggu launching dari Dirlantas yang sebentar lagi menjabat Wakapolda dan launching akan dilakukan sebelum yang bersangkutan menjabat Wakapolda. 

"Ada 6 drone yang ada di Ditlantas, untuk selanjutnya menunggu petunjuk mau didistribusikan ke Polres-polres mana drone tersebut," kata Afandi.. "ETLE Drone ini mampu menjangkau jarak 2 km. Namun untuk peng-capture-an pelanggaran lalu lintas, jarak efektif 20-30 meter," imbuh Afandi. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com