Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 30 Agustus 2023

Festival Jolenan Somongari 2023 Siap Digelar : Lestarikan Kearifan Lokal dan Budaya Bangsa

Lokasi Festival Pesaren Kedono Kedini dan Balai Desa Somongari Kaligesing Purworejo

PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID - Festival Jolen Somongari 2023 segera digelar pada Selasa Wage, 5 September 2023. Lokasi festival di area Pesarean Kedono Kedini dan Balai Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Desa Somongari terletak di gugusan Perbukitan Menoreh sebelah tenggara 12 km dari Kota Purworejo, 25 km dari Yogyakarta International Airport (YIA), bisa ditempuh dengan kendarasn roda dua atau empat. Festival Jolen Somongari merupakan tradisi sedekah bumi yang turun temurun sejak nenek moyang hingga kini terselenggara dengan baik. 

Seksi acara panitia Festival Jolen Somongari 2023,  Hary Yudistira SE,  dan juga sebagai Ketua Pengelola Desa Wisata Somongari menyampaikan, acara ini diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur dan ungkapan terima kasih kepada Allah SWT atas hasil bumi yang melimpah seperti durian, manggis, kelapa, empon-empon, palawija dan hasil bumi lainnya. 

"Jolen berasal dari kata ojo kelalen (Bahasa Jawa) yang berarti kita tidak boleh lupa atau harus selalu ingat dengan Sang Pencipta. Implementasinya dengan merawat bumi dengan baik agar anak cucu kita ikut menikmati hasil bumi ini dengan baik," beber Hary kepada media ini, Rabu 30 September 2023.

"Event ini bertujuan melestarikan kearifan lokal dan budaya bangsa. Selain itu event ini juga sebagai ajang promosi Desa Wisata Somongari agar wisatawan baik domestik maupun manca bisa hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut, sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan yang berdampak pada geliat perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Somongari," imbuh Hary yang merupakan alumni SMPN 4 Purworejo.

Hary menambahkan, tagline event ini : "Perbawa Adiluhung Kaloka", diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti event ini punya karakter, mempunyai nilai luhur dan tinggi (prestise) dan terkenal tidak hanya di Kabupaten Purworejo saja, tetapi juga seluruh belahan Indonesia maupun manca terbukti banyak wisatawan yang hadir seperti dari Malaysia, Belanda dan Perancis pada tahun 2017. 

"Event ini dimulai dari tanggal 4 September 2023 yaitu seluruh warga Desa Somongari di 23 RT, 5 Dusun ini bersatu padu, bergotong royong bersama-sama membuat jolen yang berbentuk piramida terbuat dari bambu yang di dalamnya akan diisi dengan satu paket tumpeng beserta aneka sayuran, gorengan, pisang, jadah, ayam panggang, sedangkan bagian luar yang nanti diperebutkan pengunjung yaitu aneka gorengan seperti binggelan, ledre dan rengginang," timpal Ketua Panitia, Karsono. 

Lanjut Karsono, event inti akan berlangsung pada tanggal 5 September 2023 dengan rangkaian kegiatan dimulai dari seremonial pembukaan kirab ditandai dengan pemukulan Bende Kyai Guno, Kirab Jolen sebanyak 43 bus, karnaval budaya dengan menampilkan Dewi Sri Somongari dan Raden Sardono Somongari, pentas kesenian tradisional on the street, kenduri jolen, pentas tayub dan pameran UMKM. 

Pada kesempatan terpisah, Ketua BPD Desa Somongari Suyono SPd menyampaikan, Merti Desa Somongari ini mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2016 sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. 

"Kita wajib memberikan edukasi kepada masyarakat sedini mungkin mulai dari anak-anak akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Bangsa Indonesia, nilai-nilai luhur seperti menjaga rasa persatuan dan kesatuan, gotong royong, saling berbagi dan menjaga tali silaturahmi yang akan selalu melekat pada hati sanubari masyarakat Somongari sebagai identitas bangsa," urai Suyono. 

Sedangkan Ketua Satgas Pelestarian Budaya, Kemijo Sosro juga menambahkan, acara Merti Desa Somongari ini persiapannya sudah hampir 100 persen, ini merupakan event swadaya masyarakat Somongari setiap dua tahun sekali, setiap bulan Sapar (Jawa) dan mengambil hari Selasa Wage. 

"Maka sering disebut dengan Saparan atau Jolenan Somongari. yang melibatkan seluruh  masyarakat termasuk masyarakat Somongari yang merantau ke kota- kota besar di seluruh Indonesia tergabung dalam Paguyuban Keluarga Somongari Nusantara/Pakes Nusantara," tegas Kemijo Sosro. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com