Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 13 Agustus 2023

Ibu-ibu PKK se-Kecamatan Bener Ikuti Lomba Gapyak, Egrang dan Balap Karung

Memeriahkan HUT ke-78 RI dan Lestarikan Permainan Tradisional

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - ibu-ibu kader PKK desa se-Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan lomba permainan tradisional berupa Gapyak, Egrang dan balap karung di lapangan Desa Kaliboto, Kamis (10/8/2023). Selain untuk mengisi dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, lomba itu digelar juga dalam rangka mengenalkan kembali, nguri-uri atau melestarikan permainan tradisional yang mulai langka dilaksanakan akibat tergerus oleh kemajuan zaman. 

Lomba yang dilaksanakan oleh PKK Kecamatan Bener itu berlangsung meriah. Secara bergantian perwakilan peserta dari masing-masing desa mengikuti lomba, dengan sistem gugur, mulai dari babak penyisihan hingga final. Puluhan warga dan anak-anak hadir memadati area perlombaan, guna melihat secara langsung keseruan jalanya lomba. Sorak sorai penonton pun riuh menyemangati para peserta yang ikut dalam perlombaan itu. 

Hadir dan membuka kegiatan lomba itu, Plt Camat Bener, Imam Cjiptadi, anggota DPRD Kabupaten Purworejo dari Fraksi NasDem Dapil 6, Muhammad Abdullah, perwakilan Polsek dan Koramil Bener serta sejumlah kepala desa dan pengurus PKK kecamatan serta desa se-Kecamatan Bener. 

"Jadi perlombaan kali ini kita mengangkat tema mencintai budaya tradisional, sehingga yang dilombakan adalah permainan- permainan tradisional, yang dimainkan oleh generasi kita terdahulu, harapannya supaya tradisi seperti ini, permainan tradisional ini, tidak hilang ditelan zaman, kemudian nanti dikenalkan kepada anak-anak kita, anak cucu kita yang hari ini sebagian besar sudah tidak mengenal permainan tersebut, kalau dibiarkan akan punah, nah karena kekhawatiran itulah, maka perlombaan ini kita adakan," kata anggota DPRD Kabupaten Purworejo dari Fraksi NasDem Dapil 6, yang juga menjadi sponsor tunggal dalam kegiatan lomba itu, Muhammad Abdullah, saat ditemui di sela kegiatan. 

Disebutkan, ada tiga jenis permainan tradisional yang dilombakan, di antaranya balap karung, kemudian gapyak dan egrang. "Pesertanya dari seluruh desa di Kecamatan Bener, ada 28 desa, dan 100 persen ikut, semuanya ikut, dari desa mengirimkan masing-masing 8 orang sebagai peserta," sebutnya. 

Abdullah berharap setelah adanya perlombaan itu, para orang tua, khususnya ibu-ibu PKK, mengingat dan menyadari kembali, permainan tradisional yang mereka mainkan, untuk ditularkan kepada anak-anak dan cucunya. 

"Maka selesai perlombaan ini saya berharap mereka kemudian mengajari anak cucunya, sehingga perlombaan atau permainan tradisional ini kemudian tidak hilang ditelan zaman, anak-anak mengenal kembali, sehingga tradisi seni budaya kita bisa terjaga dengan baik," harapnya. 

Menurutnya, secara umum permainan tradisional itu memiliki lebih banyak positif, yakni dari pada anak-anak bermain game, yakni anak akan lebih sehat kalau bermain dengan permainan tradisional itu. Disamping menyehatkan, permainan itu bisa untuk mengakurkan, mengakrabkan, mengurangi gaya hidup yang sekarang menjalar adalah individual. 

"Kita sampaikan bahwa nanti di setiap desa untuk diadakan lomba, ditiap RT atau antar RT, kemudian di setiap tahun di momen-momen tertentu seperti peringatan hari kemerdekaan, dilombakan di tingkat desa atau kecamatan, bahkan saya berharap nanti ada perlombaan dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten. Kali ini hadiah totalnya adalah 6,5 juta, harapan ke depan pesertanya semakin banyak, kemudian tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu PKK namun juga oleh anak-anak dan kita upayakan hadiahnya di tahun mendatang jauh lebih menarik dari pada hadiah yang disediakan tahun ini," jelasnya. 

Plt Camat Bener, Imam Cjiptadi mengatakan, kegiatan lomba permainan tradisional itu dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil pertemuan dan kesepakatan bersama antara anggota DPRD Fraksi Nasdem Dapil 6, Muhammad Abdullah bersama tim penggerak PKK Kecamatan pada beberapa waktu lalu di aula pertemuan SDN Kaliurip. 

"Kebetulan sekali ini merupakan tindak lanjut dari perbincangan kami, dengan anggota DPRD, atau komisi IV DPRD Purworejo, Muhammad Abdullah, dengan ibu-ibu tim penggerak PKK, yang saat itu kami memang mengundang beliau selaku narasumber, dan di saat itu disepakati dan disampaikan bahwa selama ini karena teknologi sudah melupakan permainan- permainan tradisional, yang sebetulnya merupakan permainan adiluhung, dan bisa meningkatkan kebersamaan kita, semangat juang kita, sekaligus juga melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri kita sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kita serta kerja sama kita, semangat kita dalam mengisi kemerdekaan ini," ungkapnya. (widarto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com