Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 13 Agustus 2023

Pasar Menoreh di Kecamatan Loano - Purworejo Kembali Dibuka

UMKM di Kabupaten Purworejo 54.862 Unit Usaha, Aset Rp 153 M , Omzet Rp 1,2 T

PURWOREJO KABARJATENG.CO.ID - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH hadir dalam acara Hari UMKM Nasional ke-8 dan pembukaan kembali Pasar Menoreh. Pembukaan Pasar Menoreh ditandai penandatanganan prasasti dan pemukulan gong dibarengi dengan merebutkan gunungan hasil bumi oleh masyarakat, di lapangan Desa Sedayu Kecamatan Loano, Sabtu (12/8/2023). 

Tampak hadir anggota DPRD Purworejo komisi III Mustakim, Direktur utama BOB diwakili oleh Direktur Keuangan Ramlan Kamarullah, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, Ketua forum UMKM Purworejo Hesti Respatiningsih SE MPar, camat se-Kabupaten Purworejo, segenap tamu undangan dan masyarakat. 

Wakil Bupati Purworejo mengucapkan selamat hari UMKM nasional ke-8 tahun dan mengapresiasi kerja keras masyarakat Desa Sedayu yang telah mengaktifkan Pasar Menoreh kembali, setalah beberapa waktu lalu mati suri. 

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Purworejo, saya mengucapkan selamat Hari UMKM Nasional ke-8 Tahun 2023. Peringatan Hari UMKM Nasional yang diwarnai berbagai kegiatan ini, menjadi momentum bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan usahanya. Apresiasi untuk warga Sedayu yang bekerja keras mengaktifkan kembali Pasar Menoreh setelah sempat mati suri akibat terdampak pandemi Covid-19," ucapnya. 

Dikatakan, jumlah UMKM di Kabupaten Purworejo tercatat 54.862 unit usaha, dengan aset Rp 153 miliar dan omzet Rp 1,2 triliun. Potensi ini harus terus dikembangkan melalui berbagai terobosan dan media promosi, agar produk-produk unggulan UMKM dapat semakin dikenal. 

"UMKM harus terus diberdayakan, karena mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, UMKM terbukti mampu bertahan dari berbagai macam krisis ekonomi. Untuk itu pelaku UMKM juga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu memanfaatkan teknologi, di antaranya platform digital agar dapat mengakses informasi dan jaringan yang luas," ujarnya. 

Sementara itu Camat Loano Andang Nugerahatara Sutrisno SSTP MSi mengatakan, Hari UMKM Nasional dan pembukaan kembali Pasar Menoreh yang diselenggarakan bersamaan dapat membawa kenaikan ekonomi masyarakat. 

"Harapan kami, dengan dibukanya pasar menoreh ini akan memberikan dampak positif untuk warga Desa Sedayu, dalam bidang ekonomi," ucapnya. 

Acara Hari UMKM Nasional ke-8 dimulai pukul 09:27 WIB dengan kirab gunungan yang diarak. Kemudian rombongan kirab gunungan sampai di Pasar Menoreh dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Purworejo dan Mars UMKM. Setelah itu dilaksanakan penyerahan sertifikat halal dengan jumlah 6 sertifikat. Kemudian dilaksanakan penandatanganan prasasti, dilanjutkan pemotongan tumpeng. Semua penyerahan dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Purworejo didampingi oleh pejabat terkait. (kj)

Sumber Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com