Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 14 Agustus 2023

Agustusan, Warga Kampung Suronegaran - Purworejo Gelar Perlombaan di Rumdin Sekda

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ratusan warga di RW 10 Kampung Suronegaran, Kelurahan Purworejo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti berbagai perlombaan di halaman rumah dinas Sekda Purworejo, pada Minggu (13/8/2023). Perlombaan itu digelar dalam rangka menyambut, mengisi dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, di Kampung Suronegaran. 

Berbagai perlombaan dilaksanakan salam sehari di lokasi itu. Lomba-lombanya di antaranya, untuk balita dengan lomba menggiring bola, perlombaan untuk anak perorangan dengan lomba memasukkan pensil dalam botol dan membawa kelereng dengan sendok. Perlombaan untuk anak beregu (1 kelompok : 4 orang) dengan lomba estafet karung, perlombaan ibu dan remaja putri dengan lomba mencantelkan kukusan, mengeluarkan bola dalam kardus, dan nyunggi tampah. 

Perlombaan untuk bapak dan remaja putra dengan lomba nyunggi tampah dan mengeluarkan bola dalam kardus, dan perlombaan campuran (kelompok : 4 orang) dengan lomba memasukkan pensil dalam botol. Kegiatan perlombaan berlangsung seru dan meriah, dengan tidak hanya anak-anak dan remaja serta bapak-bapak dan ibu-ibu di RW 10, namun sejumlah pejabat di Kelurahan Purworejo, yakni Lurah Purworejo beserta istri dan sejumlah Ketua RT juga turut serta dalam perlombaan. 

Perlombaan itu juga bertambah semarak dengan ditambahkannya sejumlah jenis perlombaan dadakan dengan hadiah dari sumbangan sejumlah pejabat Kelurahan dan sponsor yang hadir. Jenis perlombaan dadakan itu di antaranya PBB, memasukkan pensil ke dalam botol secara beregu dan memasukkan bola ke gawang. 

"Tema kegiatan ini adalah Suronegaran guyub rukun, Suronegaran selalu di hati," kata Ketua RW 10, Kampung Suronegaran, Arbaah Mintaraga, saat ditemui di sela kegiatan. 

Sesuai dengan tema yang diusung, jelas Arbaah, dengan melihat usia 78 tahun kemerdekaan RI, Arbaah berusaha untuk senantiasa mengguyupkan, merukunkan warga di Kampung Suronegaran. 

"Kaitan dengan kami harus selalu senantiasa bersyukur atas kemerdekaan ini, kami ingin warga kami bergembira bersama-sama di kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan pada hari ini," ujarnya. 

Disebutkan, di RW 10 Kampung Suronegaran terdapat 5 RT (Rukun Tangga), kemudian ada 149 kepala keluarga. Dalam kegiatan perlombaan itu, perwakilan dari 5 RT hadir seluruhnya. "Alhamdulillah tadi 5 RT hadir semua, di antaranya tadi secara data yang hadir balita dan anak-anak ada 45 yang datang, dan bapak ibunya yang hadir tercatat ada 99 orang. Dan alhamdulillah tadi hadir pula Pak Lurah Purworejo beserta ibu," sebutnya. 

Kegiatan perlombaan itu, lanjut Arbaah, sengaja dilaksanakan di halaman rumah Sekda Purworejo, lantaran rumah dinas Sekda Purworejo ada di Kampung Suronegaran, dan memiliki halaman yang cukup luas sehingga leluasa untuk kegiatan perlombaan. 

"Kami hanya melihat Pak Sekda, karena rumah dinasnya ada di Kampung Suronegaran, maka kami ingin mengolaborasikan antara warga dan pejabat struktural tertinggi di lingkungan Pemkab Purworejo yang ada di Kampung Suronegaran," jelasnya. 

Disampaikan, untuk terus melaju demi Indonesia maju ke-78 tahun Indonesia merdeka, semangat kemerdekaan harus dirasakan dan ditanamkan sejak dini, baik kepada usia balita, usia anak, juga bagi para bapak dan ibunya, dengan memaknai kemerdekaan itu bagi anak- anak dan bagi warga yang sudah dewasa menjadikan bentuk apresiasi dan rasa syukur terhadap jasa para pahlawan. 

"Harapan ke depan kami mengharapkan warga senantiasa guyub rukun, Suronegaran selalu di hati, berupaya menanamkan warga harus menjadi pahlawan bagi sendiri, lingkungan dan juga khususnya bagi Suronegaran," harapnya. 

Salah satu peserta perwakilan dari RT 3 RW 10, Sasetia Dewangga, mengaku senang dan bangga serta apresiasi dengan gelaran perlombaan Agustusan itu. Dalam perlombaan itu dirinya turut mendapat hadiah setelah menang saat ikut lomba mencantolkan kukusan dan mengeluarkan bola dari kotak kardus. 

"Seneng banget, seru banget, rame sekali, jadi semoga tahun depan ada lagi, lebih ramai lebih banyak hadiahnya. Tadi lumayan susah tapi asyik dan seneng, saya ikut ini biar gerak badannya ketimbang diam di rumah, rebahan," katanya. Dirinya berharap ke depan perlombaan itu bisa dilaksanakan lebih kompak lagi, dengan hadiah yang lebih banyak, dan lebih besar lagi. "Semoga tahun depan ada lagi biar lebih seru aja," pungkasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com