Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 29 Juli 2023

Ruwat Kali Bogowonto Jadi Puncak Festival Bogowonto III di Loano - Purworejo

Lestarikan Sungai lewat Pendekatan Sejarah, Seni Budaya dan Keanekaragaman Hayati

Prosesi ruwat Kali Bogwonto bertepatan Jumat Kliwon 10 Sura, 28 Juli 2023
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ruwat Kali Bogowonto sebagai puncak acara Festival Bogowonto ketiga  baru saja selesai, bertepatan dengan Jumat Kliwon, 10 Sura 1445/28 Juli 2023. Tradisi ruwat ini adalah selamatan para penambang batu tradisional di Sungai Bogowonto, dari Dusun Tlepo, Desa Lowano Hadiningkarso Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo - Jawa Tengah. Acara selamatan penambang batu ini sudah ratusan tahun dilakukan secara turun temurun.

Kepala Desa Lowano Hadiningkarso, Sutanto mengatakan,penambang batu di sini dari generasi ke generasi. Menurutnya, bisa tetap berkelanjutan karena para penambang batu hanya mengambil batu berukuran kecil, sebutannya di sini kerikil dan kerakal. Batu batu besar yang disebut sebagai Reksa Selan Tlepo (RST) tidak boleh dipecah, ini adalah nilai kearifan yang dimiliki oleh para penambang batu Dusun Tlepo, Lowano Hadiningkarso.

Salah satu bagian prosesi ruwat Kali Bogowonto, warga sekitar antusias menyaksikan
Penggagas Festival Bogowonto yaitu “Atas Jago - Kawula Bogowonto” yang dipercayakan sebagai Ketua Panitia Festival Bogowonto ketiga, Ponco Fitriatmoko SPd menyatakan, festival kali ini benar-benar sesuai visi komunitas yaitu 'Boker' (Bogowonto untuk Konservasi, Edukasi dan Rekreasi). 

"Dalam menyelenggarakan festival kami sudah pada jalur yang laras, leres dan lurus. Kami mengangkat kearifan budaya lokal masyarakat sekitar sungai, menjadi perhelatan festival agar semakin dikenal. Konservasi Sungai Bogowonto bukan berarti tidak boleh memanfaatkan, namun pemanfaatannya harus ecofriendly dan sustainable," kata dia.

Senada dengan itu, Dr Jeki Wibawanti selaku dosen pembimbing tim Prodaklim Pramuka Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) sebagai pemenang lomba proposal Kemendikbudristek PPK Ormawa 2023 yang menjadi mitra penyelenggara festival, merasa bangga karena para mahasiswa bimbingannya bisa menjadi bagian dari rangkaian Festival Bogowonto ketiga. 

"Kami mempunyai tim yang hebat dan bermitra dengan komunitas Atas Jago yang luar biasa. Empat rangkaian kegiatan Festival Bogowonto ketiga adalah aplikasi kegiatan tim Prodaklim, yaitu  sayembara Silat Toya Singgelapura, bedah buku Babad Lowano, workshop pembenihan ikan lokal khas Sungai Bogowonto dan pelatihan pembibitan - penanaman pohon konservasi.

Turut hadir pula Forkopincam Kecamatan Loano dan perwakilan Dinas Dinporapar Kabupaten Purwoejo. Camat Loano Andang Nugerahatara MSi mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemdes Loano dan Komunitas Atas Jago sebagai penggagas Festival Bogowonto ketiga. 

"Ini adalah festival untuk mendukung kelestarian sungai, pengurangan sampah sungai dan pemanfaatan sungai berkelanjutan," ungkap Andang. 

Andang juga memuji, sepanjang rangkaian Festival Bogowonto ketiga panitia tidak menggunakan plastik dan sterofom dalam pengadaan konsumsi, baik snack, makanan atau minuman, semua organik, bisa diurai oleh alam. 

Penyerahan air dalam kendi saat ruwatan sumber air belik Gondang Sura di Kalijambe Bener
Saat diwawancarai kabarjateng, Direktur Atas Jago - Kawulo Bogowonto, Sapto Mangrove menjelaskan, ada 9 rangkaian Festival Bogowonto ketiga. Diawali dari ruwatan sumber air belik Gondang Sura di Kalijambe yang dibuka Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH yang digelar Persaudaraan Keluarga Besar Purworejo (PKBP) berkolaborasi dengan Komunitas Waliprojo (Wadah Orang-orang Peduli Purworejo). 

Kegitan disatukan dengan gelaran Atas Jago yaitu kungkum siji Sura di Tempuranmas, santri kali, Belukar (Belajar untuk Berkawan Ular), sayembara Seni Silat Toya Singgelapura, bedah buku Babad Lowano dan Kedung Kebo, workshop pembenihan ikan lokal Sungai Bogowonto, pelatihan pembibitan-penanaman pohon konservasi dan diakhiri dengan puncak Festival Ruwat Kali Bogowonoto. 

"Festival kali ini lengkap, selain acara yang beragam, kami juga berkolaborasi dengan sekolah yaitu SMK TI Kartika Cendekia sebagai photo-audiovisual partner dan universitas yaitu Universitas Muhamadiyah Purworejo," sebut Sapto.  (*)

penulis         : sapto pamungkas

edit Bahasa  : ax bowo sutoko/ tomo Widodo

foto-foto       : atas jago


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com