Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 10 Juni 2023

Pelepasan dan Wisuda SDN Kaligesing : Ada Pentas Dolalak dan Karawitan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - SD Negeri Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar pelepasan dan wisuda siswa/siswi kelas VI tahun ajaran 2022/2023 di sekolah setempat, pada Kamis (8/6/2023). Pelepasan dan wisuda itu digelar secara meriah. 

Diawali dengan pawai wisuda, para siswa dan siswi berjalan menuju ruangan yang telah disediakan, selanjutnya mereka mengikuti prosesi seremoni wisuda dengan ditandai penyerahan hasil nilai, pemasangan samir dan toga yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan diringi musik karawitan yang dimainkan siswa dan siswi kelas V SD Negeri Kaligesing dan dilanjutkan acara pelepasan siswa. 

Kegiatan itu juga menjadi semarak dengan penampilan sejumlah pertunjukan seni seperti tari Dolalak dan menyanyi yang ditampilkan oleh para siswa yang menjadi juara lomba FLS2N tingkat Kecamatan Kaligesing dari SD Negeri Kaligesing. Hadir dalam kegiatan itu, Camat Kaligesing, Korwilcambidik Kecamatan Kaligesing, perwakilan Polsek Kaligesing, Kepala Desa Kaligono, sejumlah kepala TK sekitar dan tokoh masyarakat serta wali atau orang tua siswa kelas 6 SD Negeri Kaligesing. Kepala SD Negeri Kaligesing, Supriyono, saat ditemui di sela kegiatan mengatakan, ada sebanyak 31 siswa kelas 6 di SD Negeri Kaligesing yang lulus dan diwisuda. 31 siswa itu terdiri atas 22 siswi perempuan dan 9 siswa laki laki. 

"Secara prestasi akademik, SDN Kaligesing peringkat 3 hasil ujian sekolah di Kecamatan Kaligesing," katanya. 

Kepada siswa dan siswi yang diwisuda, Supriyono berpesan, karena jenjang pendidikan SD itu merupakan masa pendidikan yang belum belum selesai dalam masa pendidikan dasar 9 tahun, maka para siswa harus melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, baik di pendidikan umum seperti sekolah negeri maupun swasta dan lainya, sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa dan orang tua, juga diharapkan bisa membawa nama baik almamater dengan menyandang sebagai alumnus SDN Kaligesing. 

"Tahun ini acaranya khusus karena beberapa tahun kemarin ada pandemi, jadi tidak ada kegiatan, mesti pun ada juga hanya sederhana, dan ini digelar secara meriah, tadi di awal ada kirab bagi siswa yang akan diwisuda, kemudian ada penampilan karawitan dari siswa kelas V, dan penampilan dari siswa yang meriah kejuaraan FLS2N," jelasnya. Disampaikan, sebagai sekolah budaya, SDN Kaligesing telah membiasakaan sejak awal tahun ajaran, yakni dengan melaksanakan sejumlah kegiatan, diantaranya, sebelum KBM, siswa wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Purworejo dan Mars SDN Kaligesing, di mana di tahun ajaran 2022/2023 ini, SD Negeri Kaligesing telah menerbitkan atau membuat SK lagu Mars SD Negeri Kaligesing. 

"Lalu tiap harinya, yakni setiap Senin melaksanakan upacara bendera, Selasa dan Rabu ada kegiatan olahraga, Kamis pentas tari Dolalak, dari kelas 1 sampai kelas 6, jadi semua siswa bisa menarikan tari Dolalak, kemudian Jumat sebelum masuk ada tadarus Alquran, selain itu siswa juga dilatih karawitan," lanjutnya. 

Supriyono berharap, ke depan akan tetap menjalin kerjasama baik dengan paguyuban wali murid, komite dan tokoh masyarakat lingkungan, sehingga program sekolah bisa terlaksana dengan baik. "Kemudian nanti juga kita kembangkan ke alumni," ujarnya. 

Sementara itu, wali atau orang tua siswa dari Firlita Nuriska Putri, Sarwoko, mengaku senang dan mengapresiasi serta menyampaikan terima kasih kepada pihak SDN Kaligesing yang telah secara sukses dan meriah melaksanakan kegiatan pelepasan dan wisuda. "Sebagai walimurid di SDN Kaligesing, menyampaikan terima kasih, telah mengantarkan anak kami hingga tamat dan lulus dengan baik, perhatian dari Bapak Ibu guru ini sangat luar biasa, artinya selain di sekolah menuntut ilmu juga mengembangkan ekstrakurikuler dan lainnya, mengangkat salah satu potensi yang ada di sekitar, sepertu setiap satu minggu sekali selalu dilakukan pentas tari Dolalak, yakni tarian khas Kaligesing," katanya. 

Menurutnya, SD Negeri Kaligesing merupakan salah satu SD tertua di Kecamatan Kaligesing, bahkan jadi SD Induk di Kaligesing. "Harapan kami ke depannya, kegiatan itu perlu untuk ditingkatkan lagi, lebih baik lagi, syukur nanti ada sesuatu pembeda yang menjadi ciri khasnya SD Kaligesing, terkait dengan kemajuan maupun prestasi dan sebagainya," harapnya. 

Terkait adanya pelatihan nari Dolalak dan Karawitan, dianggap positif dan baik untuk menjaga dan mengangkat nilai budaya Jawa. Kegiatan itu layak dilestarikan dan dilanjutkan sebagai kegiatan rutin di SD Negeri Kaligesing. 

"Apalagi SD ini ada di desa Kaligono yang saat ini notabene menjadi desa wisata, menjadi salah satu budaya yang harus kita dorong, tidak hanya itu saja, mungkin ada yang lainnya, misal wayang orang, maupun lainnya, yang perlu dikembangkan lagi karena dalam sejarahnya Desa Kaligono sendiri ada maestro yang sangat luar biasa yakni Mbah Warso Guno itu kan salah satu pencipta wayang Kaligesingan, harapannya ke depan bisa diangkat, mungkin bisa dikenalkan melalui kegiatan lain di SD ini," tutupnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com