Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 02 Maret 2023

Kelompok UMKM Desa Wadas Mendapat Bimbingan Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Usaha

Dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan digitalisasi dan literasi keuangan bagi UMKM yang diperuntukkan kelompok UMKM Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Kegiatan digelar di Hotel Sanjaya Inn Jalan Yogya Km 5 Popongan Banyuurip Purworejo, Rabu 1 Maret 2023. 

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Purworejo Dra Titik Mintarsih MPd yang juga dihadiri pihak Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, hadir juga Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Purworejo Nurhadi Trionggo. Kepala Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo,  Fahri Setianto, juga hadir dalam kegiatan itu.

Sekdin Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta yang berjumlah 25 orang dan meminta untuk segera di-SK kan legalitasnya, karena kelompok UMKM ini adalah embrio dari pembentukan koperasi. 

Kades Wadas juga berpesan agar pelatihan ini diikuti dengan serius dalam dua hari ke depan. Kelompok UMKM yang bergerak di bidang produksi gula aren ini sebelumnya pernah mendapatkan pembekalan pada  20 -  24 Februari 2023 dan sudah mendapat bantuan 30 paket peralatan dari Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah. 

"Untuk itu perlu diadakan bimbingan kemampuan dalam mengelola keuangan usaha dan pengembangan usaha," kata Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Purworejo Nurhadi Trionggo saat ditemui kabarjateng. 

Pelatihan diisi  narasumber dari BRI, Bank BSI dan praktisi UMKM. Kegiatan digitalisasi dan literasi keuangan bagi UMKM ini berlangsung 1 - 2 Maret 2023 dengan pembekalan materi kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan akses pembiayaan melalui digitalisasi keuangan bagi pelaku usaha mikro, pentingnya bisnis melalui media online dan langkah memulai penguatan usaha digital entrepreneur. 

Termasuk materi, digipreneur naik kelas dan go digital, struktur dan konsep internet advertising serta copy writing dan story telling untuk bisnis lokal. Ada juga materi sukses story pelaku UMKM dalam digitalisasi keuangan, membangun mindset dan motivasi dalam pengembangan kapasitas akses pembiayaan dalam UMKM. Di hari kedua pelaksanaan kegiatan dihadiri anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. (*)

reporter   : eko stianto

editor      : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com