Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 20 Agustus 2022

Ribuan Warga Ikuti Karnaval Desa Cengkawakrejo-Banyuurip

Kepala Desa Cengkawakrejo Imlais Wiski Bagasworo mendukung kegiatan karnaval
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid -19, evenT tahunan kegiatan karnaval dalam balutan rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 77 di Desa Cengkawakrejo Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah, kembali diadakan pada Sabtu 20 Agustus 2022. 

Event tahunan yang indentik dengan semangat menghormati jasa-jasa pahlawan bangsa itu terbukti menyedot antusias warga. Ribuan warga antusias dan membeludak untuk mengikuti kegiatan itu, bahkan antrean peserta yang ikut karnaval memanjang hingga mencapai sampai kurang lebih 1,5 Km. 


Karnaval itu diikuti oleh sejumlah instansi pendidikan yang ada di Desa Cengkawakrejo, yaitu PAUD/TK dan SD serta perwakilan dari 19 RT dari 4 RW yang ada. Mereka berjalan kaki menyusuri jalan utama Purworejo-Yogyakarta dan jalan desa sepanjang kurang lebih 4 kilometer dengan start dan finish halaman kantor Desa Cengkawakrejo dengan menyajikan penampilan terbaiknya. 

Tampak sejumlah peserta menampilkan kreasi busana yang bernuansa kearifan lokal, pakaian adat, pakaian profesi, pakaian pahlawan. Di samping itu peserta juga tampak membawa spanduk dan poster–poster tentang semangat mengisi kemerdekaan. Tak hanya itu, berbagai atraksi seni, mobil hias dan replika hewan juga turut ditampilkan dalam gelaran karnaval itu. 

Ada yang cukup menarik di event kali ini, peserta menyampaikan yel-yel di hadapan tim penilai dengan berbagai versi yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peserta. Karnaval itu menjadi semarak dengan pembagian ratusan doorprize yang diberikan usai karnaval dan penyajian seni kuda lumping atau jatilan yang dipentaskan  grup tradisional jatilan Haswa Sembrani Kusuma Desa Cengkawakrejo. 

Ketua panitia HUT Kemedekaan RI ke-77 Desa Cengkawakrejo, Ida Haryani, yang juga sebagai Kasi Pemerintahan Desa Cengkawakrejo, mengatakan, ada tiga jenis kegiatan perlombaan dan kegiatan kemeriahan lain yang dilaksanakan dalam rangka mengisi juga memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-77 di Desa Cengkawak rejo, yaitu lomba-lomba lansia, anak- anak TK/Paud dan lomba untuk masyarakat umum. 

"Jenis perlombaan itu diantaranya untuk lansia ada menyanyi dan joget balon berpasangan, lalu untuk TK dan PAUD ada lomba memindahkan bola, untuk SD ada lomba memasukkan paku dalam botol, memindahkan air dalam botol, pecah air dan balap karung pakai helm, kemudian untuk umum wanita ada tarik tambang dan menggiring bola pakai terong serta karet menyonyo, dan untuk umum pria ada gebuk bantal, cekel bebek dan panjat pinang, lalu ada malam tirakatan dan puncaknya hari ini ada karnaval dan lomba untuk kelompok masyarakat yaitu lomba taman toga atau taman sayur, dan nanti malam akan diakhiri dengan malam pentas seni dan penyerahan hadiah lomba," ungkapnya. 

Menurutnya, kegiatan karnaval itu sukses digelar. Antusias warga bisa diluar dugaan, dari peserta yang yang diprediksikan hanya diikuti sekira 50 orang per RW, ternyata bisa membeludak hingga mencapai ribuan peserta. 

"Harapannya semoga tahun depan bisa dilaksanakan lagi, digelar lagi dan terkait lomba yang berkesinambungan yaitu lomba toga dan taman sayur, karena pemberian atau penggunaan dana dengan dana desa yaitu yang 20 persen untuk ketahanan pangan dimana sebagian untuk pembuatan taman toga atau taman sayur, kedepan ingin selalu berkelanjutan, semoga ke depan masih ada dana desa lagi," harapnya. 

Peserta karnaval, Jeki Rikaldo Andiego dari perwakilan RT 3 RW 1 Desa Cengkawakrejo, mengaku senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan karnaval itu. "Saya merasa bangga sekali karena sudah dua tahun tidak ada kegiatan, tidak ada karnaval terus lomba- lomba," katanya. 

Diakui dirinya mengikuti karnaval dengan membuat kostum kreasi dengan dana sendiri, dan menghabiskan anggaran sekitar 1 jutaan, namun demikian dirinya sangat bangga bisa menampilkan penampilan karnaval dengan baik di hadapan maayarakat. "Saya sangat mengapresiasi buat warga, semoga ke depannya semakin maju, semakin jaya, semakin sukses dan warganya bisa guyup rukun," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Cengkawakrejo, Imlais Wiski Bagasworo, menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga juga panitia atas terselenggaranya kegiatan karnaval itu. "Terkait dengan kegiatan HUT khususnya untuk Desa Cengkawakrejo, pertama saya haturkan  terima kasih kepada panitia penyelenggara dan warga Desa Cengkawakrejo, LKD, Karangtaruna, dan semua yang telah membantu pelaksanaan HUT ini. Karnaval kali ini sungguh luar biasa di luar dugaan karena pesertanya tadi hampir seribu lebih dan panjang karnaval sampai 1,5 Km," katanya. 

Dirinya mengaku bangga atas partisipasi seluruh warga, baik dari sesepuh kemudian tokoh tani lalu anak- anak Karang taruna yang telah memberikan perform luar biasa dan yel- yel serta tarian dan ornamen yang dibuat dalam karnaval. "Antuasias warga semua berpartisipasi dan mendukung baik dari segi materiil dan dari segi apapun sungguh luar biasa," tegas Kades Cengkawkrejo. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com