Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 18 Agustus 2022

Meriahnya Karnaval dan Parade Budaya Desa Banyuasin Kembaran-Loano

PURWOREJO, KABARJATEG.CO.ID - Ribuan warga Desa Banyuasin Kembaran,Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, begitu antusias mengikuti karnaval dan parade budaya menyemarakkan HUT ke-77 kemerdekaan RI, Kamis 18 Agustus 2022. 

Karnaval dan parade budaya dengan tema menjaga persatuan dan kesatuan juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi itu diikuti warga dari 11 RT, 4 pedukuhan dan 12 instansi baik dari lembaga pendidikan dan perkantoran yang ada di Banyuasin Kembaran. 

Karnaval dan parade budaya itu menjadi ajang adu kreasi bagi warga yang ikut. Berbagai kostum menarik, baik baju adat, pahlawan, pendidikan, keamanan, serta kostum hasil kreasi tangan, dipakai warga dalam kegiatan itu. Tak hanya itu berbagai pertunjukan seni dan budaya serta aneka bentuk mobil hias dan replika hewan juga drumband dari warga dan sekolah yang ada, menambah semarak gelaran karnaval dan parade budaya itu. 

Mereka melaksanakan karnaval dan parade budaya dengan menyusuri jalan utama Banyuasin - Tumbakanyar atau jalan alternatif Purworejo-Yogyakarta sejauh kurang lebih 3 Km dengan star dan finish di halaman SD Negeri Kembaran. 

Ribuan warga baik dari Desa Banyuasin Kembaran dan desa sekitar datang dan memadati setiap tepi jalan yang dilalui. Tak hanya ingin menonton, warga juga memanfaatkan momen itu sebagai hiburan setelah dua tahun vakum lantaran pandemi Covid-19. 

Camat Loano, Andang Nugerahantara didampingi Kepala Desa Banyuasin Kembaran, Abdul Aziz serta perwakilan Polsek dan Koramil Loano melepas karnaval dan parade budaya itu. Kepala Desa Banyuasin Kembaran, Abdul Aziz, mengatakan, karnaval dan parade budaya itu dilaksanakan sebagai salah satu bentuk rasa syukur warga atas kemerdekaan RI yang ke-77 tahun ini. 

Menurutnya, masyarakat cukup antusias, terlebih selama 2 tahun kegiatan ini tidak digelar karena pandemi Covid 19. "Ini merupakan salah satu rangkaian acara HUT Ke-77 RI, setelah kemarin ada malam tirakatan, maka hari ini kita menggelar karnaval dan parade budaya untuk Desa Banyuasin Kembaran yang diikuti seluruh warga Desa Banyuasin Kembaran dan ainstansi yang ada di Banyuasin Kembaran," kata Abdul Aziz. 

Disebutkan, ada 11 RT atau 4 pedukuhan, dan 12 Instansi, yang ikut dan terlibat dalam karnaval dan parade budaya itu. Instansi itu di antaranya PAUD Handayani, PAUD An Najah, SD Negeri Kembaran, MTs Negeri 3 Purworejo, SMP Negeri 29, Pondok Pesantren, Komunitas dan 4 pedukuhan di Banyuasin Kembaran Ketawan, Si Belik, Dukuh dan Gupakan, serta paguyuban pedagang pasar tradisional Banyuasin. 

"Semangat dan antuasias warga, persatuan dan kesatuannya yang sangat menarik, untuk masyarakat Banyuasin semua turun gunung untuk turut merayakan peringatan HUT Ke-77 RI ini, harapannya Banyuasin Kembaran ke depan bisa lebih baik dan lebih maju lagi," harapnya. 

Sementara itu, warga Banyuasin Kembaran, Iva Haslinda, mengaku senang dan mengapresiasi atas gelaran karnaval dan parade budaya itu. 

"Apresiasi yang luar biasa untuk warga Banyuasin Kembaran atas semangat dan kreativitas masing-masing. Antusias warga memang patut diacungi jempol karena mereka menyambut kemerdekaan ini dengan senang hati dan semangat yang luar biasa. Semoga tahun depan lebih baik dari tahun ini, saya bangga bisa ikut andil dalam karnafal dan parade budaya ini," pungkasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com