Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 14 Agustus 2022

DPR RI bersama KKP Sosialisasi Kebijakan Bantuan Pemerintah di Purworejo

Vita saat sosialisasi di Jatimalang-Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Anggota DPR RI Komisi IV, Vita Ervina bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar kegiatan sosialisasi kebijakan bantuan pemerintah bidang perikanan budidaya, di Balai Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu 13 Agustus 2022. 

Sosialisasi itu diberikan kepada sekira 50 petambak udang yang ada di pesisir selatan Purworejo. Selain Vita Ervina, hadir dalam sosialisasi itu, Koordinator perbenihan air tawar Kementerian KKP, Ir Ahmad Jauri Pamungkas, Kadinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wiyoto Harjono, Forkompincam Purwodadi, Kades Jatimalang Suwarto dan nelayan tambak udang Purworejo. 

Anggota DPR RI Komisi IV, Vita Ervina, mengatakan, Kabupaten Purworejo, memiliki potensi sebagai penghasil udang. Saat ini ada sekira 380 petambak udang yang berada di sepanjang pesisir laut selatan Kabupaten Purworejo. 

"Potensi udang vanamae di Kabupaten Purworejo ini sangat besar. Tetapi lahan belum berkembang karena masing-masing petambak berusaha sendiri, belum ada kelompok sehingga belum ada bantuan yang masuk," kata Vita. 

Untuk memperoleh bantuan, lanjut politisi PDI Perjuangan itu, syarat mutlak haruslah berbentuk kelompok. Dirinya berharap para petambak udang bisa membuat usaha kelompok dalam usahanya. 

"Target ekspor udang kita 2 juta ton, saya berharap, Kabupaten Purworejo bisa ikut berperan. Kabupaten tetangga, Kebumen, akan dibangun shrimp estate (kawasan udang terpadu), berharap kelak di sini juga ada," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas LH dan Perikanan Purworejo Wiyoto Harjono, menjelaskan bahwa, wilayah Kabupaten Purworejo memiliki garis pantai sepanjang 21,5 Km. Perikanan tangkap itu ada di tiga kecamatan yang ada di tepi pesisir selatan Purworejo, yaitu terdiri dari lima Tempat Pelelangan Ikan (TPI), nelayan 776 orang serta perahu sejumlah 152. 

"Akibat ombak besar, maka produksi (hasil tangkapan) belum optimal," kata Wiyoto. Disebutkan, jumlah petambak udang yang ada di Kabupaten Purworejo ada 380 petambak. Meskipun tak terlalu banyak petani budidaya udang, akan tetapi hasil produksinya tinggi. Sesuai data yang ada pada tahun 2021 hasil panen udang sebanyak 2.291 ton dengan pendapatan Rp152, 8 M. 

"Para petambak udang memang hanya bisa membuat tambak di wilayah pesisir. Karena kalau tidak, air payaunya sulit. Akan kami optimalkan, caranya akan kita cari satu tempat yang bisa menjadi pilot project tambak udang terintegrasi. Hampir 12 tahun kondisi ini (tambak udang) belum optimal tapi secara tonase cukup tinggi," katanya. (widarto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com