Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 15 Mei 2022

Waspadai Masuknya PMK pada Hewan Ternak : Polres Purworejo Cek Langsung di Lapangan

Wakapolres saat mengecek hewan ternak
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Di Kabupaten Purworejo sampai hari ini belum ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi. Meski begitu, pengecekan kesehatan hewan ternak tetap rutin dilakukan. Kegiatan ini harus rutin dilaksanakan karena saat ini di daerah lain sudah masuk hewan dengan gejala PMK di wilayahnya, penyakit tersebut sangat cepat menular kepada hewan ternak yang lain dan menyebabkan kematian pada hewan. 

Sabtu 14 Mei 2022, Wakapolres Purworejo Kompol Aldino Agung Anggoro SE SIK yang didampingi Kasat Binmas dan Kapolsek Grabag beserta anggota menggandeng Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh M Fauziyah Rahayu dan Hasan Sujatmoko AMd melaksanakan asistensi kesehatan hewan ternak sapi di Desa Ketawangrejo. 

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres bertemu langsung dengan pemilik kandang ternak sapi Haji Rohmadi, alamat Ketawangrejo RT 01 RW 02 Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. 

Kegiatan pengecekan kesehatan terhadap hewan ternak sapi oleh petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di kandang tersebut tidak ditemukan hewan dengan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dalam kesempatan tersebut petugas memberikan imbauan kepada penternak untuk selalu waspada dan segera melaporkan ke instansi terkait bila ada gejala PMK pada hewan ternak, agar tidak menerima hewan dengan gejala PMK ke kandang, mencegah dengan terus memantau kesehatan hewan menjaga kebersihan kandang dan tidak mencampur hewan yang sedang sakit ke kandang pembesaran. 

Wakapolres mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan para Kapolsek dan jajaran untuk bersama-sama atau menggandeng instansi terkait melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak khususnya sapi baik langsung di kandang maupun di pasar hewan di wilayah Kabupaten Purworejo. 

"Di daerah lainnya sudah masuk hewan ternak dengan gejala PMK tersebut, hal ini jangan sampai mempengaruhi harga jual hewan ternak terutama mendekati Idul Adha,"  tutup Wakapolres. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com