Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 21 Maret 2022

Warga Suronegaran Kelurahan Purworejo Gelar Senam Sehat di Pantai Dewaruci

Lurah Purworejo Sutarto mendukung gerakan positif warganya Senam Sehat Suronegaran
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ibu-ibu lansia yang tergabung dalam grup Senam Sehat Suronegaran, Kelurahan Purworejo Kecamatan Purworejo Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan senam sehat bersama di lokasi objek wisata Pantai Dewaruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Minggu 13 Maret 2022. 

Mereka melakukan olah raga senam sehat bersama sekaligus refresing di lokasi wisata dengan melihat keindahan Pantai Dewaruci. Tak hanya menjadi sehat, dengan mengunjungi lokasi wisata turut mempromosikan lokasi wisata andalan Kabupaten Purworejo. Suasana menjadi semarak dengan dibagikannya puluhan doorprize kepada sejumlah peserta yang datang. 

Usai melakukan senam mereka kemudian berwisata dan menikmati hidangan santap siang bersama yang telah disiapkan. Turut hadir dalam kegiatan senam sehat itu Lurah Purworejo Sutarto SSos, dokter Jayanti, sejumlah Ketua RT dan warga RW 10 Kelurahan Suronegaran. 

"Senam sehat merupakan salah satu aktivitas untuk menjaga kesehatan tubuh yang tidak memerlukan biaya, bahkan dapat dilakukan dimana saja, seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu Suronegaran ini," kata dokter Jayanti, usai ikut senam sehat di Pantai Dewaruci. 

Menurut dokter Jayanti, dengan senam sehat bisa untuk menggerakkan tubuh bagi para lansia, lansia yang identik dengan keropos tidak kemana-mana dan biasa hanya berkumpul untuk ngrumpi, dengan mengikuti senam bisa menjadi sehat dan senang serta memiliki pikiran yang sehat dan positif saat berkumpul dengan teman sebayanya. 

"Makanya kalau diadakan senam ini selain untuk menggerakkan semua tubuh sehingga metabolisme menjadi bagus, aliran darahnya menjadi bagus, kemudian menjadi sehat juga pikiranya, sehat karena kunpul dengan teman-teman itu seneng karena imunitasnya menjadi meningkat, sehingga orang-orang yang mau berkumpul di sini tidak membicarakan hal yang negatif tetapi membahas hal-hal yang positif, selain itu dengan adanya senam seminggu sekali juga ada konsultasi kesehatan tentang segala macam penyakit dan mereka bisa ikut menceritakan apa penyakitnya apa pencegahan penyakitnya dan mereka berkomunikasi bersama untuk kemajuan Suronegaran," ujarnya. 

Dengan ikut bersama datang melakukan senam sehat bersama dilokasi wisata, selain tubuh menjadi sehat mereka menjadi senang. "Seneng karena dalam hidup no satu adalah seneng untuk meningkatkan imunitas tubuh kalau dirumah ada apa-apa dengan datang ke sini menjadi senang. Karena menurut saya hidup itu yang pertama ya senang lalu kesehatan dan makanan juga perlu dengan memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi yang bermanfaat bagi para lansia," jelasnya. 

Dokter Jayanti berharap ke depan warga lain di Purworejo bisa ikut dalam kegiatan senam itu, dan selain tubuh menjadi sehat semua, kegiatan itu bermanfaat bagi orang lain. Ketua RT 04 Suronegaran, Nurmiasih Jazuli, mengatakan, kegiatan senam sehat dilaksanakan di lokasi tempat wisata baru pertama kali dilakukan olehnya. Mereka secara rutin dilaksanakan senam sehat pada setiap Minggu pagi di halaman rumah dokter Jayanti. 

"Ini juga untuk mempererat tali silaturohim antar warga di RW 10 Suronegaran, dan ini baru yang pertama dilaksanakan di wisata pantai, mengingat kemarin masih masa pandemi. Mungkin nanti sehabis lebaran akan kita bikin program lagi dengan melaksanakan senam sehat di lokasi wisata lain," katanya. 

Sementara itu, Lurah Purworejo Sutart  yang turut serta dalam senam sehat itu mengaku senang bisa ikut dan mengapreasiasi kegiatan warga RW 10 Suronegaran. 

"Ini dilakukan di sini (lokasi wisata) ingin refreshing dengan mencari suasana yang lebih nyaman karena sekarang Covid sudah melandai maka kita agendakan di lokasi ini," katanya. 

Dalam melaksanakan kegiatan itu, warga melakukan kegiatan secara swadaya mandiri. "Sementara ini swadaya karena dari kelurahan belum ada sumber dana maka mereka secara swadaya untuk perjalanan ke Jatimalang, semua swadaya oleh para pesenam Ibu-ibu," lanjutnya. 

Sutarto berharap dengan senam sehat itu ke depan bisa meningkatkan rasa persatuan khususnya di wilayah kelurahan Purworejo. "Selain dekat menggunakan tempat wisata yang sudah ada, ini menjadi ajang rekreasi dan ikut mempromosikan tempat wisata yang ada di Purworejo," pungkasnya. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com