Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 20 Maret 2022

DKP Gelar Art Performance di Desa Somongari-Kaligesing

Apresiasi Peringatan Lahirnya WR Supratman 

Kegiatan memperingati WR Supratman
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dewan Kesenian Purworejo (DKP) bekerja sama dengan masyarakat dan Pemerintah Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Art Performance dalam peringatan lahirnya Wage Rudolf Supratman yang ke-119, di halaman Balai Desa Somongari, Sabtu 19 Maret 2022 malam. 

Kegiatan itu digelar sebagai bentuk apresiasi dari DKP dan masyarakat Purworejo atas lahirnya pahlawan nasional yang juga sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Supratman di Desa Somongari. Berbagai kegiatan seni ditampilkan dalam kegiatan itu, seperti penampilan grup musik Lavanya yang membawakan lagu-lagu ciptaan WR Supratman, penampilan teater dari komite sastra, dramatisasi puisi, seni tari dan peluncuran buku antologi puisi untuk anak-anak muda Purworejo berjudul Tarian Pena Tanah Merdeka yang merangkum 27 penulis muda Purworejo. 

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DKP Purworejo, Angko Setyarso Widodo, tokoh budayawan Purworejo Soekoso DM, Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo MSi, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muspika Kaligesing, tokoh masyarakat Desa Somongari dan Pemdes serta masyarakat Desa Somongari. 

Tokoh budayawan Purworejo, Soekoso DM, mengatakan, dengan kegiatan itu diharapkan ke depan ada apresiasi dari masyarakat umum terhadap eksistensi monumen tempat lahirnya WR Supratman agar lebih diilhami oleh masyarakat. 

"Ini sekaligus memberikan apresiasi terhadap WR Supratman sebagai salah satu pahlawan nasional dan satu-satunya komponis yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya," kata Soekoso. 

Dengan peringatan itu, lanjutnya, sudah bisa diyakini bahwa Desa Somongari adalah tempat lahirnya WR Supratman. "Partisipasi kita DKP yaitu dengan diisi Art Performance, dengan menampilkan beberapa kegiatan kesastraan, musik, teater, dramatisasi puisi lalu dari DKP sendiri baru saja menyelesaikan penyusunan penerbitan buku antologi puisi untuk anak-anak muda di Purworejo yang diberi judul Tarian Pena Tanah Merdeka yang merangkum 27 penulis muda dan sudah diluncurkan bersama-sama dan suasananya menjadi lebih regeng lebih semarak dalam rangka rangkaian peringatan WR Supratman yang ke 119 ini," ujarya. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com