Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 22 Maret 2022

Vita Ervina Gelar Bimtek Manajemen Beternak Sapi di Purworejo

Ada Tujuh Desa di Purworejo Penerima UPPO

Vita Ervina bersama peserta bimtek di Hotel Plaza Purworejo, Senin (21/3/2022 (foto koim/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina SE MBA, pada Senin 21 Maret 2022 menggelar bimbingan teknis (bimtek) mengenai manajemen beternak sapi dan teknik pemanfaatan/ pengolahan kotoran sapi di Hotel Plaza, Purworejo.  Selain para peserta bimtek dan kepala desa di Kabupaten Purworejo yang hadir, juga dihadiri Kepala Balai Besar Veterainer Wates drh Hendra Wibawa MSi PhD dan Kepala Bidang Sarana dan Perlindungan Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Jayadi SP MM.

Kegiatan bimtek, kerja sama Vita Ervina dengan mitra kerja Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Wates.  “Kami berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya di sektor peternakan. Selama ini di masyarakat bahwa beternak sapi hanya dijadikan sebagai investasi atau pendapatan tambahan, padahal jika semua itu dikelola dengan manajemen yang baik, peternakan sapi merupakan sector bisnis yang menjanjikan, baik itu penggemukan maupun pengolahan pupuk organik dari kotoran sapi itu sendiri,” beber Vita Ervina.

Disebutkan, pemerintah juga terus menerus memberikan dukungan program bantuan yang langsung menyentuh dan berpihak kepada peternak, mulai dari sisi hulu, pendampingan budidaya ternak, seperti penyediaan bibit-bibit ternak berkualitas, pelatihan usaha peternakan, pengendalian penyakit ternak, sampai dengan perumusan kebijakan di sektor hilirnya. 

“Fokus pada bimtek kali ini adalah manajemen beternak sapi dan teknik pemanfaatan atau pengolahan kotoran sapi.  Sektor peternakan merupakan sektor yang cukup penting di dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Produk peternakan merupakan sumber protein hewani. Konsumsi daging khususnya sapi yang meningkat dari tahun ke tahun membuat Indonesia harus mengimpor daging sapi setiap tahun,” kata dia.   

“Ini karena peternakan sapi dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan daging sapi di dalam negeri. Dalam hal peternakan sapi, Indonesia masih dihadapkan pada penggunaan lahan yang belum optimal, teknologi yang kurang memadai dan belum merata serta rendahnya permodalan pengembangan ternak terutama dalam usaha pembibitan. Pengembangan usaha ternak sapi potong dapat dicapai dengan memanfaatkan sumber daya lahan secara optimal dan tepat guna yang disesuaikan dengan keadaan alam, kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat, sarana dan prasarana, teknologi peternakan dan lainnya,”.

Diakui pula, Kabupaten Purworejo memiliki areal persawahan yang sangat luas, hal tersebut sangat mendukung untuk dikembangkannya peternakan khususnya sapi, ketersediaan pakan yang cukup dan memadai menjadi faktor utama bagi masyarakat untuk mulai beternak sapi.

Kondisi tersebut seharusnya bisa menjadikan penyemangat terkhusus bagi pemangku kebijakan yang ada di Purworejo, bagaimana ke depannya Purworejo bisa menjadi daerah penyangga pangan nasional, tidak hanya beras saja tetapi juga produsen daging sapi. 

Masih kata Vita Ervina, adanya program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), merupakan bagian dari dukungan pemerintah pusat kepada masyarakat dalam upaya mendorong pengembangan pertanian di sektor peternakan.

Pada bimtek tersebut, para peserta yang hadir merupakan perwakilan masyarakat pelaku usaha peternakan sapi, kepala desa penerima program UPPO di tahun 2020 dan 2021. Ada tujuh desa penerima UPPO yaitu Girimulyo Kecvamatan Kemiri, Hulosobo Kecamtan Kaligesing, Wirun Kecamatan Kutoarjo, Sumber Kecamatan Pituruh, Kaliwatukranggan Kecamatan Butuh, Sedayu dan Guyangan Kecamatan Loano).   

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Bapak Dr Ir Nasrullah MSc, sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Semoga bimtek dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peserta semua,” tutup Vita Ervina. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com