Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Jumat, 24 Desember 2021

Melihat Bantuan Penguatan Kearifan Lokal di Desa Bendungan Kecamatan Grabag-Purworejo

Untuk Pengembangan Campursari Anggoro Laras dan Budidaya Ikan Gurameh 

Fasilitas campursari Anggoro Laras
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Desa Bendungan Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan penguatan kearifan lokal di tahun 2021 ini. Penguatan kearifan lokal tersebut, bertujuan pencegahan konflik sosial dan juga pencegahan penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Serta bertujuan untuk penguatan ekonomi produktif. 

Bantuan tersebut dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI, dimana bantuan diterima oleh group campursari Desa Bendungan yaitu Anggoro Laras dengan ketuanya Sukamto. 

Media ini pada Kamis 23 Desember 2021, berkunjung ke Desa Bendungan, sempat berdiskusi dengan perangkat desa mengenai bantuan penguatan kearifan lokal dari pemerintah pusat tersebut. 

Untuk diketahui, sebagai penasehat Anggoro Laras yaitu Kepala Desa Bendungan Amat Nasikin, Ketua Sukamto, Sekretaris Sumawan, Bendahara Budiono dan sebagai pelatih Sarwoto. 

Budidaya ikan gurameh
"Di desa kami ada group campursari Anggoro Laras, itu salah satu kearifan lokal yang ada di Bendungan. Terus kami rawat dan kembangkan, sebagai budaya warisan luhur bagi bangsa," sebut Kades Amat Nasikin. 

"Harapannya, masyarakat menjadi guyub rukun, adem ayem. Tidak ada konflik, dan tetap mengakar pada budaya, memegang teguh dasar negara Pancasila, UUD 1945, merawat keberagaman dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan tentunya selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegas Amat Nasikin yang sudah tiga periode memimpin Desa Bendungan.

Informasi yang dihimpun kabarjateng, bantuan yang diterima dari pemerintah pusat sebesar Rp 50 juta, anggaran tersebut untuk belanja peralatan kesenian sebesar Rp 30 juta, dan sebesar Rp 20 juta untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat maupun penguatan ekonomi produktif, melalui budidaya ikan gurameh. 

"Atas nama pemerintah desa dan masyarakat Desa Bendungan, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan penguatan kearifan lokal dari pemerintah pusat. Menjadi komitmen kami bersama, dalam menjaga persatuan dan melestarikan budaya yang ada," tegas Amat Nasikin. 

Pantauan media ini, kegiatan seni budaya Anggoro Laras berjalan dengan baik, termasuk kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan gurameh, juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. (tim kabarjateng) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com