Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 16 November 2021

Angkat Seni Kriya, Pedagang Pasar Umpet Popongan Launching Pasar Setan

Kuda lumping Gema Anom Budaya Desa Semawung Purworejo tampil di Pasar Umpet (foto widarto)
PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID - Pedagang kuliner tradisional pasar umpet, melaunching pasar setan, di lokasi pasar umpet yang masuk Desa Popongan Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah. Pasar setan itu dibuka pada Sabtu (13/11/2021) malam dengan dikemas layaknya pasar angkringan dengan menyajikan aneka menu masakan ringan dan gorengan serta minuman umum seperti kopi, teh dan lainnya. 

Dinamakan pasar setan, di lokasi itu terdapat sejumlah topeng kayu dengan bentuk wajah menyerupai hantu dan aneka buto raksasa yang dipajang pada setiap sudut lokasi pasar, dengan ditambahi sejumlah oncor dan bebakaran dupa menjadikan suasana pasar menjadi tampak seram. 

"Pasar ini hanya diikuti beberapa pedagang saja, karena malam hari, dan pedagang lain menggelar dagangan seperti biasa di kedai pasar umpet pada Minggu paginya. Ini baru yang pertama kali dilaksanakan dan rencana pasar setan kami laksanakan secara kontinyu sebulan sekali di lokasi pasar umpet ini," ungkap pengelola pasar umpet, Hariyono, saat ditemui di lokasi pasar, Minggu (14/11/2021). 

Dijelaskan, pasar setan itu dilaunching merupakan hasil kerjasama dengan seni kriya atau perajin kriya di Kabupaten Purworejo. Pasar setan digelar dengan tujuan untuk membantu para perajin kriya di Purworejo agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

"Jadi di Purworejo ini ada perajin topeng dan kami ajak untuk kolaborasi, mungkin karena masa pandemi mereka tidak pernah mengadakan pameran atau ikut pameran, dengan kegiatan ini kita bisa ikut membantu para perajin kriya di Purworejo, hasil karya mereka kita pajang dan kita pamerkan agar bisa diketahui oleh banyak orang, oh ternyata di Purworejo ada perajin topeng yang bagus," ujarnya. 

Pasar setan, lanjutnya, bukan saja dilaksanalan untuk memamerkan seni kriya, namun juga mengajak group seni kuda lumping yang baru terbentuk di Desa Semawung dengan nama group kuda lumping Gema Anom Budaya. Group kuda lumping itu tidak ditampilkan pada malam hari melainkan tampil pada siang hari untuk meramaikan suasana pasar. 

"Kaitannya dengan jaran kepang atau kuda lumping, karena biasanya dalam tarian itu ada penampilan atraksi tari dengan menggunakan properti topeng, misalnya adanya topeng gedruk, pentul dan lainnya. Jadi ini kita satukan hari ini menjadi konsep pasar setan, dari malam hari hingga siang hari, dan kemudian kenapa ada pementasan jaran kepang di lokasi ini," jelasnya. 

Dirinya berharap dengan konsep pasar setan, masyarakat menjadi tahu bahwa di Purworejo ada perajin topeng dari kayu dan juga ada group jaran kepang baru. Dengan adanya pasar setan itu seni kriya di Purworejo menjadi terangkat dan bisa dikenal oleh masyarakat luas termasuk seni jaran kepang yang baru terbentuk dua bulan ini. 

"Kegiatan ini akan kami jadikan tema khusus dengan nama pasar setan di setiap satu bulan sekali di lokasi pasar umpet ini dan kami buka pada malam hari," tegasnya. 

Perajin topeng kayu asal Desa Kedung Pucang Kecamatan Bener, Basuki Raharja, mengaku bersyukur dan senang bosa diajak berkolaborasi menggelar pasar setan. Dengan pasar setan itu dirinya merasa sangat terbantu bahwa produk kerajinan buatanya bisa dikenal oleh masyarakat yang datang di lokasi itu. 

Suasana 'Pasar Setan' di Pasar Umpet (foto widarto)
"Selama ini dari seni ukir patung bingung bagaimama cara memromosikan apalagi di masa pandemi, kebetulan di sini diajak kolaborasi, harapannya ke depan produk ini bisa dikenal masyarakat," katanya. 

Dirinya mengaku telah memproduksi topeng kayu sejal lama. Berbagai karakter buto telah dia buat menjadi topeng. "Topeng dibuat secara custom, jadi tidak sama persis karena dibuat secara manual dan membutuhkan waktu cukup lama. Soal harga bagi yang minat bisa pesan dengan harga antara Rp 200 - 600 an sesuai jenis topeng dan tingkat kesulitan membuatnya," jelasnya. 

Sementara itu pembina seni kuda lumping Gema Anom Budaya (GAB), Maryono, bersama ketua Group kuda lumping, Dwimantoro, juga mengaku senang bisa berkolaborasi di pasar setan. Group kuda lumping itu baru dua kali tampil di tempat umum. 

"Group ini dibentuk oleh sekelompok pemuda di Desa Semawung dengan nama Gema Anom Budaya yang artinya gema anak muda untuk melestarikan budaya seni jaran kepang, kesenian asli Jawa Tengah," katanya. 

Dikatakan, dengan kolaborasi itu, menjadikan ajang melatih mental bagi para pemain group kuda lumping itu untuk tampil di muka umum. 

"Mental mereka sudah bagus, dan group ini siap tampil jika ada yang ingin nanggap atau membutuhkan," ujarnya. 

Dirinya berharap, group seni kuda lumping Gema Anom Budaya bisa eksis, tetep guyub rukun dan bisa menyajikan tarian dengan koreografi yang baru dan bagus, sehingga bisa diminati oleh masyarakat. 

"Ciri khas kami gerakannya semangat, melestarikan budaya seni kuda lumping dengan hasil tari kreasi sendiri. Saat ini kami masih proses legalitas seni di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo, harapanya bisa ikut meramaikan seni budaya di Purworejo dan bisa tampil di tempat umum," pungkasnya. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com