Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 24 Oktober 2021

Lulusan Masa Pandemi Harus Tetap Percaya Diri

Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Wisuda Luring Perdana 

Lulusan cumlaude UMP percaya diri menngikuti wisuda Sarjana angkatan ke-65 (topo for kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menggelar Wisuda Sarjana Angkatan ke-65 Tahun 2021, Sabtu (23/10/2021). Kendati menjadi lulusan pada masa pandemi Covid-19 yang sempat menjalani perkuliahan secara terbatas, para wisudawan tetap harus percaya diri dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Berbeda dengan wisuda beberapa angkatan sebelumnya yang menerapkan konsep full drive thru dan hybrid, kali ini wisuda digelar secara Luring (luar jaringan, red). Orang tua bersama wisudawan hadir langsung di Auditorium Kasman Singodimedjo UMP, tetapi dibagi 2 sesi dan harus memenuhi syarat protokol kesehatan. 

“Alhamdulillah ini wisuda pertama secara Luring (selama pandemi Covid-19), tetapi ketentuan kegiatan wisuda kali ini sudah melalui pengkajian, khususnya terkait protokol kesehatan (prokes),” kata Ketua Panitia Wisuda, Dr Yuli Widiyono MPd. 

Beberapa ketentuan itu terkait prokes yang harus dipatuhi yakni wisudawan beserta wali wajib menunjukkan bukti vaksinasi. Jika belum, maka harus melakukan swab antigen dengan hasil negatif. Mereka juga wajib menjaga jarak dan tidak boleh melepas masker selama acara. Hal itu untuk menjamin tidak adanya penularan Covid-19. 

“Kita juga lakukan pengecekan suhu tubuh, jika suhunya tinggi tidak diizinkan mengikuti,” jelasnya. 

Rektor UMP, Dr Rofiq Nurhadi MAg, dalam pidatonya menerangkan bahwa pada Wisuda Sarjana ke-65 kali ini, UMP berhasil meluluskan 321 wisudawan yang terdiri atas 195 perempuan dan 126 laki-laki dari 15 Program Studi. Dari jumlah itu, sebanyak 120 wisudawan memperoleh predikat cumlaude. 

“Dilihat dari segi usia, diperoleh data tentang usia wisudawan termuda sampai dengan hari ini, yaitu Latifahtul Islamiyah, Program Studi Pendidikan Matematika, lahir di Purworejo pada tanggal 19 Desember 1999. Jadi saat ini berusia 21 tahun 10 bulan 4 hari. Sedangkan lulusan dengan IPK tertinggi adalah Widanti dari Prodi PGSD dengan IPK 3,88,” terangnya. 

Dalam kesempatan itu, Rofiq mengingatkan bahwa persaingan dalam semua aspek kehidupan kian ketat sehingga para wisudawan harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan. Pendidikan dan pengalaman selama menjalani kuliah di UMP diharap dapat menjadi bekal dalam berpikir dan bertindak, sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya. 

“Dengan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan darma bakti saudara, maka kita akan ikut membangun bangsa dan negara yang berdaya saing di pasar global dengan menjadi wirausahawan maupun profesional muda yang handal,” ungkapnya. 

Pihaknya juga menegaskan bahwa meski menjadi lulusan pada masa pandemi Covid-19 yang sempat menjalani perkuliahan secara Daring, para wisudawan tetap harus percaya diri. Pasalnya, sejak awal pendemi UMP terus beradaptasi sehingga tidak mengurangi mutu pembelajaran dan kualitas lulusan. 

“Daring dan luring dalam pembelajaran sejatinya memiliki konsep yang berbeda. Pembelajaran daring bukan sekedar memindah kelas fisik ke dalam kelas virtual, akan tetapi merubah metode, teknis, pengelolaan dan evaluasi pembelajaran. Dengan konsep ini mutu pembelajaran tidak akan berkurang,” tegasnya. 

Nely Baroro (22), salah satu wisudawan dari Prodi PGSD, mengaku pembelajaran selama pendemi tetap berjalan efektif meski secara terbatas. Karena itu, predikat cumlaude dengan IPK 3,68 yang diraihnya makin menambah kepercayaan diri menghadapi persaingan kerja. 

“Saya kuliah Daring sejak semester 6. Meski pembelajaran jarak jauh, hasilnya tetap maksimal kok. Kita tetap percaya diri, apalagi dunia kerja tidak hanya membutuhkan kemampuan akademik, tapi juga soft skill. Dan itu kita dapatkan selama kuliah,” ujarnya. (topo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com