Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 24 Agustus 2021

Seleksi Perangkat Desa Keduren-Purwodadi Menuai Polemik

Diduga Ada Kejanggalan, Para Pengadu Sudah Layangkan Surat ke Camat  

Arif Hartoko
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Proses seleksi perangkat Desa Keduren tahun 2021 yang sudah dilakukan, menuai protes dan polemik dari berbagai pihak. Mulai dari peserta seleksi yang merasa kecewa, saksi peserta seleksi maupun beberapa tokoh masyarakat Desa Keduren Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo yang mengungkapkan kekecewaannya. 

Hal ini diakui salah satu tokoh masyarakat Desa Keduren Arif Hartoko SPd saat ditemui media ini, Senin (23/8/2021) sore di kediamannya. 

Arif Hartoko menegaskan, dari kekecewaan proses seleksi perangkat yang diduga terdapat kejanggalan-kejanggalan, pihaknya sudah melayangkan surat pengaduan ke Camat Purwodadi tertanggal 13 Agustus 2021. 

"Kami sudah ajukan surat pengaduan ke Camat. Dan kami pun sudah beberkan apa yang menjadi keluhan atau aduan para pengadu di hadapan Camat. Kami nilai ada kejanggalan dalam proses seleksi perangkat Desa Keduren, dan diharapkan menjadi bahan pertimbangan atau kajian bagi pihak-pihak terkait hingga dilakukan seleksi ulang yang lebih baik," beber Arif Hartoko. 

Dari surat aduan yang disampaikan ke Camat Purwodadi perihal keberatan hasil seleksi perangkat desa (Kadus III dan Kadus V) Desa Keduren, ada tujuh orang pengadu. Para pengadu yaitu Heri Purwanto yang merupakan salah satu peserta seleksi, Gonang Listiantoro sebagai saksi peserta, Nur Muh Alip sebagai peserta seleksi, Ita Munarti sebagai saksi peserta, Anip Herayacandra sebagai peserta seleksi, Farida SI Pust sebagai saksi peserta dan Arif Hartoko SPd yang merupakan tokoh masyarakat. 

Mengenai dugaan kejanggalannya, Arif Hartoko menjelaskan, pihaknya menilai tidak wajar nilai tertulis dari calon tertentu mencapai 99 dari jumlah soal 100 butir. "Itu tidak wajar," seru Arif Hartoko. 

Masih kata Arif Hartoko, pihaknya juga menilai pelaksanaan seleksi tidak transparan, BPD tidak dilibatkan pada proses pemilihan dan seleksi dimana ada bukti pengakuan dari anggota BPD. 

"Pengambilan undian tema pidato tidak disaksikan peserta lain dan saksi, saat pembicaraan berita acara hasil seleksi, panitia tidak memberikan kesempatan peserta dan saksi untuk menyampaikan keberatan dan langsung diketok," jelas Arif Hartoko. 

"Dalam surat aduan itu, kami juga sertakan bukti-bukti sebagai data pendukung. Soal adanya peserta dengan nilai tes tertulis 99, memang menjadi bahan pembicaraan di masyarakat luas, dugaan kebocoran soal atau dalam bentuk hal lain yang mengarah pada pemenangan peserta tertentu dengan nilai yang tidak wajar,"  jelasnya lagi. 

Diakui, pada Selasa (24/8/2021) para pengadu mendapat undangan dari Camat Purwodadi, dimana Camat akan memberikan tanggapan langsung terkait aduan dari pengadu. (tim kj) 

1 komentar:


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com