Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 16 Agustus 2020

Pramuka Cabang Purworejo Bantu Tanggulangi Covid-19 dan Bela Negara

PURWOREJO - Upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 digelar di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang Purworejo dengan khidmat, Jumat (14/8/2020). Puluhan anggota dan pengurus Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Purworejo terlihat mengenakan masker dan face shield sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. 

Bertindak selaku pembina upacara Drs H Pram Prasetyo Akhmad MM yang juga menjabat sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purworejo. Pram membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka RS Budi Waseso pada peringatan Hari Pramuka ke-59, dengan mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.  

Tema ini menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan Gerakan Pramuka pada tahun 2020 ini sebagai perwujudan dari semangat Gerakan Pramuka untuk ikut ambil bagian dalam menanggulangi penyebaran Virus Covid-19. Meskipun Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, Gerakan Pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bhakti sosial, bhakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. 

Hal ini sejalan dengan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, berupa Dwi Satya, Tri Satya, Dwi Darma dan Dasa Darma Pramuka, yang bagian utamanya adalah menekankan kepada Pramuka agar dapat “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.” 

“Inilah momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali tekad janji Pramuka sejati dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang selalu ambil bagian dalam rangka pembinaan kader bangsa mengambil peran positif dan menjawab tantangan zaman,” kata  Pram. 

Banyak kegiatan sosial digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purworejo. “Dalam usia yang ke- 59, karakater yang akan kita bentuk dalam Gerakan Pramuka makin jelas. Bentuk jati diri Pramuka milenial yang cerdas, sehat trampil, berakhlak mulia, dan menguasai IT yang bisa memfilter yang terbaik makin mengerah ke sana,” tambah Dra Titik Mintarsih MPd-Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purworejo kepada Reviens. 

Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo sudah menerapkan New Habit dan menebar kepedulian kepada masyarakat dalam berbagai aksi bhakti sosial, pembuatan dan pembagian masker secara massal, peran serta di perbatasan bersinergi dengan Satgas Covid-19, membantu proses distribusi sembako dan lain-lain. 

Dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka yang digelar di Sangar Bhakti Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purworejo, diserahkan Lencana Panca Warsa dan Darma Bakti kepada puluhan anggota yakni penghargaan pengabdian terhadap Gerakan Pramuka. Sejarah Gerakan Pramuka adalah sejarah panjang yang lekat dengan gerakan dan aksi yang punya kontribusi positif, hingga makin berkembang pesat seiring perkembangan zaman. 

Sebagai catatan yang perlu diperhatikan, jumlah anggota Gerakan Pramuka Indonesia saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar nomer 1 antara organisasi kepramukaan seluruh dunia yang jumlahnya 54 juta orang. Hampir setengahnya dari jumlah Pramuka atau pandu sedunia berasal dari Indonesia. Inilah potensi yang sangat bermanfaat bila dimaksimalkan dengan pembinaan generasi bangsa yang menjadi bagian penting menjaga NKRI.(*/agam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Arifianto Indrawan, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com