Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 15 Februari 2020

Lagi soal Kekerasan Siswa SMP, Tokoh Muda Purworejo Angkat Bicara

Gus Ipul : Pendidikan Hanya Fokus IQ dan EQ, SQ-nya Terabaikan

Gus Ipul
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Peristiwa kekerasan oleh siswa SMP Butuh Kabupaten Purworejo yang menjadi sorotan masyarakat baru-baru ini, menjadi keprihatinan banyak pihak.

Direktur LP3M Bina Insan Cendekia Emha Saiful Mujab saat ditemui kabarjateng, Jumat (14/2/2020) sore, mengungkapkan pandangannya. "Sudah sering kita mendengar kekerasan oleh anak-anak pelajar, dan kasus di SMP Butuh salah salah satunya. Ini menunjukkan bahwa ada yang perlu dibenahi dalam sistem pendidikan kita," terang tokoh muda Purworejo yang akrab disapa Gus Ipul ini.

"Selama ini sistem pendidikan kita hanya berfokus pada dua hal, yaitu IQ (Intelligence Quotience) dan EQ (Emotional Quotience). Anak didik cuma dipacu untuk cerdas dan pintar, tetapi SQ (Spiritual Quotience)-nya diabaikan. Padahal ini lebih penting sebab pendidikan moral menjadi pengendali utama karakter kepribadian siswa," sambung Gus Ipul-Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Kabupaten Purworejo.
Masih menurut Gus Ipul, apalah artinya cerdas dan pintar jika perilakunya cenderung brutal. “Brutal yang saya maksud lebih universal, yaitu brutal pemikiran, brutal perilaku maupun kebiasaan. Korupsi terjadi karena rusaknya moral, tindak kriminal juga sebab moral. Begitu juga rusaknya sebuah bangsa karena runtuhnya moral,".

Sementara itu terkait proses hukum, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito mengatakan, sesuai Undang-undang yang berlaku tidak ada penahanan bagi para pelaku, karena masih di bawah umur. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com