Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 03 April 2019

Inilah Pesan Paus Fransiskus ke Rakyat Maroko

RABAT - Yang Mulia Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi umat Katholik dari Vatikan, melakukan kunjungan resmi selama dua hari ke Kerajaan Maroko, 29-30 Maret 2019 lalu. Dalam lawatan tersebut, Sri Paus disambut langsung Raja Maroko, Yang Mulia King Mohammed VI bersama para pembesar kerajaan dan rakyat Maroko.

Pada kesempatan tersebut, Paus Fransiskus menyampaikan pidato pada upacara penyambutan resmi yang diadakan untuk menghormatinya di Esplanade Masjid Hassan, Sabtu (30/3/2019). Dalam pidatonya, Paus mengungkapkan kegembiraannya dapat mengunjungi dan bertemu Raja serta rakyat Maroko.

Berikut pidato lengkap Sri Paus di depan rakyat Maroko.

"Yang Mulia Raja Maroko, Yang Mulia Otoritas Terhormat Kerajaan Maroko, Anggota Korps Diplomatik, para sahabat semua!
As-Salam Alaikum!

Saya senang menginjakkan kaki di negara ini yang dipenuhi dengan keindahan alam, sementara pada saat yang sama melestarikan jejak peradaban kuno dan menjadi saksi sejarah yang panjang dan menakjubkan.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Yang Mulia Raja Mohammed VI atas undangannya yang baik, atas sambutan hangat yang telah ia berikan kepada saya atas nama seluruh rakyat Maroko, dan, khususnya, atas perkenalannya yang ramah.

Bagi saya, kunjungan ini adalah kesempatan untuk bersuka-cita dan bersyukur, karena memungkinkan saya untuk melihat secara langsung kekayaan tanah Anda, rakyat Anda, dan tradisi Anda. Saya juga bersyukur bahwa kunjungan saya menawarkan kesempatan yang signifikan untuk memajukan dialog antar agama dan saling pengertian di antara para pengikut kedua agama kami, saat kami memperingati – pada jarak delapan abad – pertemuan bersejarah antara Santo Fransiskus Assisi dan Sultan al-Malik al-Kamil.

Peristiwa kenabian itu menunjukkan bahwa keberanian untuk bertemu satu sama lain dan mengulurkan tangan persahabatan adalah jalan damai dan harmoni bagi umat manusia, sedangkan ekstremisme dan kebencian menyebabkan perpecahan dan kehancuran.

Adalah harapan saya bahwa rasa saling menghargai, rasa hormat, dan kerja sama kita akan membantu memperkuat ikatan persahabatan yang tulus, dan memungkinkan komunitas kita untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Di negeri ini, jembatan alami antara Afrika dan Eropa, saya ingin menegaskan sekali lagi kebutuhan kita akan kerja sama dalam memberikan dorongan baru untuk membangun dunia solidaritas yang lebih besar, ditandai dengan upaya yang jujur, berani, dan tak tergantikan untuk mempromosikan dialog yang terhormat kekayaan dan kekhasan masing-masing orang dan setiap individu.

Kita semua dipanggil untuk menghadapi tantangan ini, terutama pada saat ini, ketika perbedaan kita dan kurangnya pengetahuan timbal balik kita dieksploitasi sebagai penyebab konflik dan perpecahan.

Jika kita ingin, untuk berbagi dalam membangun masyarakat yang terbuka, persaudaraan dan menghormati perbedaan, sangat penting untuk menumbuhkan budaya dialog dan mematuhinya tanpa gagal, untuk mengadopsi kerjasama timbal balik sebagai kode perilaku dan pemahaman timbal balik kita. sebagai metode dan standar kami.

Kita dipanggil untuk menempuh jalan ini tanpa lelah, dalam upaya saling membantu mengatasi ketegangan dan kesalahpahaman, klise, dan stereotip yang menimbulkan ketakutan dan pertentangan. Dengan cara ini, kami akan mendorong tumbuhnya semangat kerja sama yang berbuah dan penuh hormat. Sangat penting juga bahwa fanatisme dan ekstremisme dilawan oleh solidaritas dari semua orang percaya, yang didasarkan pada nilai-nilai bersama yang agung yang mengilhami tindakan kita.

Untuk alasan ini, saya senang bahwa saya akan segera mengunjungi Institut Mohammed VI untuk Pelatihan Imam, Morchidine dan Morchidate. Didirikan oleh Yang Mulia, Institut berupaya memberikan pelatihan yang efektif dan sehat untuk memerangi semua bentuk ekstremisme, yang seringkali mengarah pada kekerasan dan terorisme, dan yang, dalam hal apa pun, merupakan pelanggaran terhadap agama dan terhadap Tuhan sendiri.

Kita tahu betapa pentingnya menyediakan persiapan yang cocok untuk para pemimpin agama di masa depan, jika kita ingin membangkitkan semangat religius yang tulus di jantung generasi mendatang.

Dialog yang otentik, kemudian, membuat kita lebih menghargai pentingnya agama untuk membangun jembatan antara orang-orang dan berhasil menghadapi tantangan yang saya sebutkan di atas. Sementara menghormati perbedaan-perbedaan kita, iman kepada Allah menuntun kita untuk mengakui martabat utama setiap manusia, serta hak-haknya yang tidak dapat dicabut. Kami percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia yang setara dalam hak, kewajiban, dan martabat, dan ia memanggil mereka untuk hidup sebagai saudara dan saudari dan untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, cinta, dan kedamaian. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com