Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 23 Maret 2018

Hindari Hoax dan Radikalisme, Korem 072 Gelar Literasi Media


PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Korem 072/ Pmk menggelar literisasi media di Kodim 0708/Purworejo, Kamis (22/3/2018). Hal itu sebagai bentuk pencegahan paham radikal dan terorisme yang saat ini berkembang dan menjadi ancaman faktual bagi masyarakat Indonesia. 

Literasi media dalam rangka mengantisipasi dan mencegah paham radikalisme, kegiatan bertempat di aula Jenderal Sudirman Kodim 0708/Purworejo, diikuti seluruh prajurit dan PNS beserta keluarga Kodim Purworejo. Kapenrem 072/Pmk Mayor Caj Syamsul Maarif SAg mengatakan, fenomena berita hoax dan sikap radikalisme yang semakin luas merambah ke dunia maya (virtual world). 

"Menunjukkan masih adanya celah yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok/organisasi radikal dan teroris dalam menyebarkan paham radikalnya. Upaya-upaya propaganda radikalisasi ini mudah menyebar ke seluruh dunia karena perkembangan teknologi komunikasi, seperti maraknya berbagai aplikasi dan sarana media sosial serta kemudahan dalam mengakses berbagai situs media sosial dan media online lainnya," beber Kapenrem. 

Gejala tersebut, lanjut dia, bisa dikatakan sudah menjadi tren bagi kelompok radikal dalam melancarkan aksi propaganda dan ancaman-ancaman untuk membuat resah masyarakat. Radikalisme yang ditanamkan melalui dunia maya ini dapat menjadi embrio lahirnya terorisme. 

"Celakanya, seiring perkembangan teknologi informasi ini, menyebabkan mata rantai kelompok/organisasi radikal terintegrasi secara global dan dengan cepat dapat tersebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan menyasar berbagai kalangan atau elemen masyarakat,".  

Melihat fenomena tersebut, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meredam derasnya arus propaganda radikal di dunia maya. Seperti, memonitor hingga melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang dianggap radikal dan dapat memprovokasi masyarakat luas. 

Pemerintah juga sudah melakukan upaya pemblokiran situs-situs yang cenderung radikal, walaupun menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan, namun perlu diakui bahwa upaya pemerintah dalam mencegah berkembangya bibit terorisme memang perlu dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran informasi provokatif dari kelompok-kelompok garis keras di dunia maya. 

Diakui, kebijakan pemblokiran situs-situs tersebut  tidak efektif bila berjalan sendiri, mengingat karakteristik internet yang menyebabkan pemblokiran menjadi sia-sia karena selalu ada celah di balik teknologi cyber. 

Sementara itu Kasdim 0708/Purworejo Mayor inf Sulistiyono mengingatkan kepada semua anggotanya untuk memakai sarana media sosial dengan semestinya, seperti memakai bahasa yang santun, bijak, tidak menebar hoax dan kebencian kepada seseorang atau suatu golongan dikarenakan akan merugikan diri sendiri. 

"Jangan menebar hoax, dengan adanya UU ITE kini menjadi suatu tindakan dalam hukum. Dampingi keluarga dan anak-anak kita dalam penggunaan media agar tidak terpengaruh hal hal yang merusak etika, moral dan terhindar dari sikap radikalisme," ujar Kasdim. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com