Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 30 November 2017

Subeno : Realisasikan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Selatan Purworejo


Banjir yang terjadi di kawasan Jenar, baru-baru ini
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Cuaca yang masih ekstrim di wilayah Purworejo dan sekitarnya, harus menjadi kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi dan sigap dalam menangani bencana alam.

Anggota DPRD Purworejo dari Fraksi PDI Perjuangan Drs Subeno, terus menyuarakan perlunya langkah strategis dalam pembenahan sarana dan prasarana di Kabupaten Purworejo. Subeno yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) II Purwodadi, Bagelen dan Ngombol, menilai pembangunan infrastruktur harus menjadi perhatian penting, salah satunya untuk antisipasi banjir.

“Infrastruktur sangat penting direalisasikan di kawasan selatan guna mendukung keberadaan bandara internasional di Kulonprogo dan mewujudkan misi daerah mewujudkan kawasan selatan Purworejo sebagai pintu gerbang pariwisata Jawa Tengah bagian selatan,” beber Subeno kepada kabarjateng.co.id, baru-baru ini.

Subeno (kanan) selalu berbuat untuk kepentingan warga
Program-program yang perlu dilakukan, menurut Subeno, seperti pembangunan pengendali banjir di daerah aliran sungai (DAS) Bogowonto berupa parapet. 

“Proyek yang sedang berjalan akan berakhir 2018 dan finish di jembatan Sembir. Sementara bantaran DAS dari jembatan Sembir, Purwodadi, Purwosari, Jenar Wetan, Keduren, Ketangi dan Karangmulyo Kecamatan Purwodadi, belum terlindungi parapet sehingga terancam meluapnya air sungai Bogowonto bila hujan berat dan mengancam jiwa penduduk, infrastruktur fisik dan lahan pertanian,” papar Subeno yang tidak bisa tidur tenang karena memikirkan warga yang kebanjiran. 

Langkah berikutnya, Subeno menilai, sangat perlu normalisasi sungai Bogowonto . Kondisi sedimentasi sungai Bogowonto sudah di luar batas normal dan sudah lama tidak dilakukan kegiatan normalisasi.

“Bila proyek terlaksana maka akan memaksimalkan tampungan air di DAS sehingga banjir dan genangan dapat diminimalisir,” imbuh Subeno yang menegaskan jika DAS Bogowonto adalah kewenangan pemerintah pusat.

Berikutnya, perlu normalisasi sungai Lereng 2 yang melintasi desa-desa di wilayah Kecamatan Purwodadi seperti Watukuro, Jogoresan, Keponggok, Gesing hingga desa-desa Kecamatan Ngombol.

“Dengan normalisasi dan penguatan bantaran sungai Lereng 2 diperoleh manfaat yaitu memaksimalkan tampungan air di kala musim penghujan sehingga Desa Gesing maupun Tegalaren sebagian Blendung genangan air dapat diminimalisir,”

“Dapat sebagai suplay ketersediaan air tanah dan pengontrol air sungai Bogowonto. Bila musim kemarau banyak petani mengolah lahan dengan menyedot air tanah.  Termasuk dukungan munculnya aktivitas pariwisata sungai Lereng 2,” kata Subeno lagi.  

Masih kata dia, perlu pula normalisasi sungai pantai guna meminimalisir genangan di desa-desa seperti Jogoboyo, Gedangan, Karanganyar, Jatimalang, Jatikontal dan desa sekitarnya di kala air sungai Bogowonto meluap.

Saat banjir, kegiatan ekonomi masyarakat dan aktivitas pariwisata sangat terganggu.

“Dan perlu juga peningkatan infrastruktur Jalan Diponegoro guna mendukung peningkatan kapasitas wilayah kawasan selatan Kabupaten Purworejo,” tutup Subeno. (bay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com