Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 23 Mei 2024

Hadiri Dialog Kerukunan Beragama, Bupati Purworejo Salurkan Bantuan Baznas

 PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri dialog kerukunan umat beragama yang diselenggarakan Bakesbangpol Kabupaten Purworejo. Setelah itu didampingi Kabag Prokopim Anas Naryadi SH MM, Bupati melaksanakan pentasarufan Baznas untuk percepatan penurunan kemiskinan di Kabupaten Purworejo. Kegiatan itu dilakukan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Purwodadi, Ngombol dan Kecamatan Banyuurip, Rabu (22/5/2024). 

Bupati Purworejo berharap melalui dialog dapat mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam hubungan antarumat beragama. Menurutnya, kerukunan umat beragama bukan sekadar sebuah konsep ideal, melainkan sebuah kebutuhan yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Acara ini terasa semakin lengkap, karena ada penyerahan bantuan dari Baznas Kabupaten Purworejo bagi warga yang membutuhkan di wilayah Kecamatan Purwodadi. Setelah kegiatan ini selesai, penyerahan bantuan juga dilaksanakan di Kecamatan Ngombol dan Kecamatan Banyuurip," ujarnya. 

Sementara itu saat menyerahkan bantuan dari Baznas di Kecamatan Ngombol dan Banyuurip, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Purworejo, yang telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan. Pemerintah Daerah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan tersebut dengan melakukan berbagai upaya. 

"Dalam tiga tahun terakhir jumlah penduduk miskin ekstrem di Kabupaten Purworejo terus mengalami penurunan. Pada tahun 2021, jumlahnya mencapai 88 ribu jiwa, kemudian di tahun 2022 turun menjadi 82 ribu jiwa dan di tahun 2023 turun lagi menjadi 81 ribu jiwa," jelasnya. 

Dikatakan, Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri dalam upaya pengentasan kemiskinan, sehingga berupaya mencari alternatif pembiayaan, seperti menembus ke pemerintah pusat, mencari CSR dari BUMN/BUMD maupun perusahaan swasta. 

"Termasuk juga menyalurkan melalui dana yang dikumpulkan oleh Baznas. Khusus untuk Baznas, kita akan terus bekerja sama mengoptimalkan pengumpulan zakat, infak dan shodaqoh, yang sebenarnya masih memiliki potensi yang sangat besar," pungkasnya. Penyaluran bantuan Baznas untuk wilayah Kecamatan Purwodadi total Rp 40 juta, Kecamatan Ngombol total Rp 40 juta, sedangkan Kecamatan Banyuurip total senilai Rp 40 juta ditambah bantuan jamban ODF untuk 50 keluarga. (*/kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com