Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 03 Oktober 2023

Bupati Purworejo Merespon Cepat : Percepatan Pelantikan Calon Kades PAW Terpilih

Audiensi perwakilan Polosoro dengan Komisi I DPRD Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Bupati Purworejo Agus Bastian merespon cepat usulan Polosoro untuk percepatan pelantikan calon kepala desa PAW terpilih. Hal ini terungkap dalam pengarahan calon kepala desa terpilih yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Purworejo, Senin 2 Oktober 2023 di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Untuk diketahui, sebelumnya Polosoro Kabupaten Purworejo pada 25 September 2023 yang diwakili Ketua Bidang Kajian Strategis dan Kebijakan Publik Polosoro Budiantoro, melakukan  audiensi dengan Komisi I DPRD Purworejo. Budianto yang juga Kepala Desa Purwosari Kecamatan Purwodadi, didampingi Kades Tegalgondo Sumadji dan Sekretaris Desa Bendungan Sumawan.

Mereka sowan ke Komisi 1 DPRD Purworejo, menyampaikan aspirasi agar pelantikan Kades PAW yang rencananya dilaksanakan bersamaan pelantikan calon kades terpilih hasil pilkades serentak tahun 2023 yaitu 11 Desember 2023, agar pelantikannya dipercepat.  

Apa alasannya? Mereka menyebut, perlunya percepatan pelantikan calon kades PAW terpilih, yakni biaya penyelenggaraan pilkades antar waktu murni dari APBDesa, tidak ada bantuan dari APBD, mulai dari tahapan pembentukan panitia sampai dengan pelantikan. “Kemudian, sudah tidak ada perselisihan hasil Pilkades PAW di desa kami. Kepala desa definitive sudah tidak ada, karena sudah diberhentikan. Dalam Perda maupun Perbup tidak ada batasan minimal pengesahan atau pelantika, namun adanya batasan maksimalnya, berarti kalau sudah tidak ada permasalahan lebih cepa tlebih baik,” beber mereka.

Pertemuan perwakilian Polosoro dengan Kepala DP3APMD Laksana Sakti
Lanjut perwakilan Polosoro, akhir masa jabatan kepala desa antarwaktu tetap 8 Mei 2025. “Kalau pelantikan kades antarwaktu dipercepat, berarti kades tersebut segera bias konsolidasi dengan perangkat dan lembaga desa sehingga pemerintahan desa bias sinergis. Segera bisa menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan dalam APBDesa. Bisa ikut menyusun APBDesa 2024, sehingga lebih cepat menyesuaikan diri dalam pemerintahan,” imbuh perwakilan Polosoro.

Kedatangan perwakilan Polosoro tersebut, diterima Ketua Komisi 1 DPRD Purworejo  LT Endro Sadewo SP MAP dan anggotanya yaitu H Budi Sunaryo SSos, Muharomah SH, Bintoro SSos MAP, Fakhrudin Sidiq SPd, Hj Tursiyati SE.

Menanggapi usulan Polosoro tersebut, Komisi 1 setuju pelantikan Kades PAW dipercepat jika tidak melanggar regulasi. Komisi 1 menghadirkan Bagian Hukum Setda Purworejo yang diwakili Ulfah Nurseha SH MH dan dari DP3APMD yang diwakili Sekretaris Dinas Bagas Adi Karyanto SSos MM dan Ruswiany Djanwari Astuti SH.

Bagian Hukum Setda Purworejo mengatakan, percepatan pelantikan calon kades PAW terpilih tidak melanggar aturan. Sementara  dari DP3APMD menyampaikan pada prinsipnya, siap mengubah jadwalnya jika disetujui pimpinan.

Untuk mendapatkan kepastiannya, pada 29 September 2023, Polosoro sowan Kepala DP3APMD Laksana Sakti SSos MAP. Pada intinya kepala dinas setuju untuk melaksanakan percepatan pelantikan calon kades PAW.

Sakti akan menyampaikan kepada Bupati dan segera memberikan informasinya pada acara pengarahan calon kadesterpilih di Pendopo Kabupaten. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com