Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 26 September 2023

Wabup Purworejo Serahkan Bantuan Paket ODF dan Sembako di Sucenjurutengah - Bayan

PURWOREJO, KABARJATENG.COID -  Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan bantuan paket ODF dan sembako di Kelurahan Sucenjurutengah Kecamatan Bayan, Selasa (26/9/2003). Dalam penyerahan yang dilakukan secara simbolis kepada Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan SP MAP itu, tampak hadir Ketua Baznas purworejo KH Achmad Hamid SPdI, Camat Bayan Dwi Cahyono Hadi Saputro SIP dan sejumlah unsur terkait. 

Wakil Bupati Purworejo mengatakan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan suatu kondisi di mana masyarakat telah melakukan sanitasi total, yaitu dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS). BABS merupakan salah satu faktor risiko penularan penyakit, seperti diare, kolera dan tifus. 

”Dengan tercapainya ODF, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk itu, saya meminta seluruh masyarakat terus bekerja sama dalam upaya mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” harapnya. 

Kepada warga Sucenjurutengah, Wabup mengajak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak BABS. Pemerintah kelurahan juga diharapkan dapat terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan ODF. 

“Kepada Dinas Kesehatan, saya meminta untuk terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada kelurahan dalam upaya mewujudkan ODF. Saya yakin, dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” tandasnya. 

Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan SP MAP menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi di lapangan, terdapat 20 keluarga yang masih BABS dan benar-benar tidak bisa melaksanakan BAB di fasilitas umum seperti musala atau tempat kerabat terdekat. ”Alhamdulillah setelah kami mengajukan proposal kepada Baznas Purworejo, kami mendapatkan bantuan untuk 20 keluarga ini,” ungkapnya. (kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com