Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 23 Agustus 2023

PLN Nyalakan Serentak 584 Titik Listrik untuk Agrikultur

Di Pantai Jetis Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dalam era modern, listrik adalah sarana vital yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi setiap aktivitasnya. Dapat dikatakan hampir semua aktivitas membutuhkan energi listrik, termasuk bidang pertanian atau agrikultur. Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat menghadiri acara penyalaan serentak 584 listrik pasang baru dan perubahan daya, di Pantai Jetis Desa Patutrejo Kecamatan Grabag, Selasa (22/8/2023). 

Tampak hadir Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY Ari Prasetyo Nugroho, Manager Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelanggan Magelang Hanfi Adrhean Abidin, Forkopimcam Grabag dan para petambak udang. Wabup mengatakan, masih ada sejumlah persoalan terkait kelistrikan, di antaranya masih ada masyarakat yang belum menikmati aliran listrik di rumahnya atau di lokasi usahanya. "Saya berharap nantinya tidak hanya bagi para pelaku usaha tambak yang dapat dengan mudah mengakses listrik tetapi pelaku usaha lainnya, sehingga masyarakat Purworejo dan sekitarnya dapat meningkatkan kesejahteraannya," harapnya. 

Sementara itu Ari Prasetyo Nugroho menyampaikan bahwa program Electrifying Agriculture merupakan bentuk dukungan PLN untuk peningkatan produktivitas usaha masyarakat dan pelaku usaha di bidang pertanian, perkebunan hingga perikanan melalui pemanfaatan listrik untuk kegiatan operasionalnya. Hal ini juga selaras dengan komitmen PLN dalam membantu untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

“Program Electrifying Agriculture di bidang perikanan ini kami sebut Super Chuan, ini terbukti meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi para petambak. Sehingga, PLN tidak hanya sekedar menerangi, tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kami akan terus mendukung dan memberikan pelayanan terbaik dengan sistem kelistrikan yang andal agar membawa kenyamanan dan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. 

Sedangkan Hanfi Adrhean Abidin menambahkan, PLN siap mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah melalui program Electrifying Agriculture. Salah seorang pemilik tambak udang Siska mengaku, berhasil menghemat biaya operasional hingga 60% dampak beralihnya mesin diesel ke listrik. 

“Sebelum menggunakan listrik, saya menghabiskan biaya operasional untuk mesin diesel permalam Rp 35.000 untuk satu titik, sedangkan dengan menggunakan mesin elektrik saya hanya menghabiskan rata-rata 7 kWh atau setara dengan Rp 7.70 per malam,” pungkasnya. Penyalaan listrik serentak ditandai dengan membunyikan sirine secara bersama. Rangkaian acara ditutup dengan memencet saklar listrik di tambak Siska dan berfoto bersama. (kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com