Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 23 April 2023

Silaturahim Warga Desa Tegalrejo dengan Perantauan : Idul Fitri Menjadi Momen Tingkatkan Kebersamaan

Sudah Terbentuk IKBT, Desa Tegarejo Kini Menjadi Desa Maju 

Kades Tegalrejo Budi Prakoso (kanan)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Masyarakat Desa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo pada  Sabtu 22 April 2023,  menggelar silaturahim Idul Fitri 1444 H. Kegiatan akbar itu digelar di pendopo kantor Desa Tegalrejo, di mana silaturahim tersebut banyak dihadiri anak-anak rantau asli Desa Tegalrejo, yang mudik pada Lebaran Idul Fitri. Selain anak-anak rantau, warga Desa Tegalrejo umumnya juga mengikuti kegiatan ini. Momen Idul Fitri, menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan dalam membangun desa.

Perlu diketahui, sudah terbentuk paguyuban yang diberi nama Ikatan Keluarga Besar Tegalrejo (IKBT), paguyuban ini berdiri sejak 2017. 

Selaku Ketua Harian IKBT Rujito menerangkan, perantauan Desa Tegalrejo tidak hanya  berada di kawasan Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek),  namun juga di seluruh Indonesia. 

Suasana silaturahim Idul Fitri di pendopo kantor Desa Tegalrejo, Sabtu 22 April 2023
"Kami mempunyai program salah satunya adalah pemberdayaan masarakat Desa Tegalrejo. Kami sudah melakukan beberapa kegiatan, termasuk halalbihalal untuk menjalin silaturahim di hari raya Idul Fitri, agar mempererat antara perantau dan warga Desa Tegalrejo," beber Rujito ditemui kabarjateng di lokasi kegiatan.

Lanjut Rujito, salah satu program pemberdayaan untuk masyarakat Desa Tegalrejo yang dilakukan IKBT adalah budidaya kambing. Program lainnya, IKBT menyalurkan tali asih. 

"Tali asih itu suatu program santunan untuk orang meninggal yang mempunyai hubungan persaudaraan warga Desa Tegalrejo. Selama ini sudah berjalan tiga tahun dan dana yang sudah disalurkan sekisaran Rp 140 juta," terang Rujito.

Sementara itu Kepala Desa Tegalrejo Budi Prakoso menegaskan, atas nama Pemerintah Desa Tegalrejo, dirinya mengapresiasi setinggi-tingginya atas kiprah positif yang sudah dilakukan IKBT. 

"IKBT telah banyak memberi sumbangsih baik pemikiran, energi secara fisik maupun moril dan materiil kepada Pemerintah desa Tegalrejo dan masarakat Tegalrejo. Hal yang positif ini, untuk kita  terus jaga bersama. Memberi contoh untuk anak cucu kita," urai Budi Prakoso.

"Dari tahun 2019 per bulan Mei, Desa Tegalrejo masih menjadi desa berkembang atas dukungan IKBT kini sudah menjadi satu tingkat menjadi desa maju. Saya bersama masyarakat desa akan selalu berupaya berinovasi, agar dari desa maju ini bisa menjadi desa mandiri. Kebersamaan segenap komponen masyarakat luar biasa, itu harus dijaga bersama, sehingga nantinya kita bisa menjadi desa mandiri," tutup Budi Prakoso". (*) 

reporter   : ngabdiri koim

foto          :  ngabdiri koim

editor       : tomo widodo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com