Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 06 Maret 2023

Wonosobo Festival UKM Expo 2023 : Kopwani Srikandi dan Batik Arimbi Wakili Purworejo

Wonosobo Festival UKM Expo 2023 juga diikuti perwakilan dari Kabupaten Purworejo
WONOSOBO, KABARJATENG.CO.ID - Wonosobo Festival UKM Expo 2023 digelar di Alun-alun Wonosobo, 1 - 5 Maret 2023. Pameran ini dimanfaatkan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo dengan mengirimkan dua pelaku UKM dari Kopwani Srikandi dan Batik Arimbi. 

Media kabarjateng mencoba mengenal dekat tentang Batik Arimbi dan berbincang langsung dengan  ownernya, Hastin Atasasih. Hastin yang tinggal di Jalan Sangubanyu Dusun Lengis RT 01 RW 01Desa Kedungkamal Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo ini, membuka usaha toko batik di rumahnya. Hastin adalah satu dari sejumlah perajin dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) batik khas Purworejo. 

Berawal dengan kelompok wanita Desa Kedungkamal mendapatkan pelatihan Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Purworejo di tahun 2015, Hastin mengembangkan kemampuannya secara periodik, kemudian belajar membatik tulis, batik cap, ecoprint,dan turunannya seperti kemeja batik, blues batik, masker batik, outer batik. 

Semakin berjalan dari waktu ke waktu Hastin mencoba mengembangkan usaha batiknya dengan banyak motif dan dipasarkan secara langsung ataupun online. Permintaan pesanan dari lokal ataupun luar kota sudah masuk di rumah produksinya bahkan pengiriman ke Den Hag Belanda dan Venezuela. 

Motif-motif batik yang dibuat Hastin adalah mengusung khas Purworejo seperti motif tarian dolalak, kambing Etawa, durian, manggis dan aneka hewan laut di pesisir Purworejo. Hastin bermimpi batik khas Purworejo bisa terkenal di nasional ataupun luar negeri. Ia pun kini terus membatik untuk melestarikan dan mempromosikan batik khas Purworejo. Apalagi batik Indonesia sudah resmi diakui Unesco pada 2 Oktober 2009 sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda. 

Dirinya tak ingin batik diklaim sebagai budaya dari luar Indonesia. Untuk mengenalkan produk batiknya, Hastin seringkali mengikuti pemaran ataupun festival festival. Seperti halnya di acara Purworejo Modest Fashion Day 2022 bulan November tahun lalu. "Di gelaran Pameran Nasional Wonosobo Festival UKM Expo 2023 ini, saya sangat bangga dan terima kasih kepada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo yang memberi fasilitas kepada kami untuk bisa mewakili UKM Purworejo di acara pemeran nasional di Wonosobo," beber Hastin. 

Pantauan kabarjateng,  jalannya expo banyak pengunjung yang mampir di stan Batik Arimbi ini baik dari masyarakat ataupun pejabat dari Pemkab Wonosobo. Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Purworejo Nurhadi Trionggo juga meninjau stan perwakilan dari Purworejo. "Alhamdulillah selama kami membuka stan omzet bisa mencapai 1515.624.000 sampai hari terahir penutupan,",terang Hastin. (*) 

reporter   : eko stianto

editor      : tomo widodo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com