Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 17 Maret 2023

Inovasi Baru, Pelaku UMKM Kerajinan Bambu di Purworejo Diberi Pelatihan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Untuk peningkatan kapasitas para pelaku UMKM khususnya di bidang kerajinan bambu, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan pelatihan vocational kerajinan bambu. Kegiatan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik tahun anggaran 2023,   berlangsung di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM kabupaten Purworejo, Jalan Lingkar Soekarno Hatta 92 Purworejo. 

Pelatihan ini dari 14 - 16 Maret 2023, acara dibuka Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Gatot Suprapto SH dan sebagai narasumber dari akademisi dan praktisi Bambu Setia Craff Sleman Yogyakarta. 

Kegiatan pelatihan diikuti 30 peserta dari Kecamatan Bayan. "Mereka yang ikut pelatihan sebagian besar dari para pelaku yang sudah mempunyai bekal pengalaman di bidang anyaman bambu seperti pembuatan besek," jelas Gatot saat ditemui kabarjateng. 

Kegiatan ini sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan mitra, yang mana mitra dapat mempraktekan secara langsung dalam pembuatan produk kerajinan bambu. Gatot berharap, peserta terus mengembangkan kualitas anyaman serta menciptakan variasi produk-produk baru yang lebih menarik. 

Peserta pelatihan juga diharapkan bersatu dalam kelompok-kelompok usaha sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan lebih cepat. Narasumber Triyanto mengatakan, pelatihan ini memang sebagai ajang inovasi baru. "Selain pembuatan besek, kali ini kita berikan bekal ilmu tentang pembuatan kerajinan lainnya dari anyaman bambu. Selain itu juga diajarkan pelatihan tentang kewirausahaan, pemasaran dan managemen usaha di sesi pertama," imbuhnya. 

Tjuan kegiatan ini adalah memberikan keterampilan dasar bagi pemula dalam membuat kerajinan bambu, memberikan pengetahuan tentang pemakaian alat-alat mesin dan manual, memberikan pengetahuan tentang pengembangan desain produk bagi pengrajin yang sudah melewati tahap pemula. 

Metode kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah dalam bentuk penyampaian materi teori, praktek dan evaluasi. Adapun hasil pelatihan selama kegiatan ini yakni pengetahuan secara teoritik dan praktek. Secara teori peserta mendapatkan pengetahuan tentang industri kerajinan dan tahap-tahap pengembangan desain. Secara praktek kegiatan ini menghasilkan produk kreasi mangkok dari bambu dan lainnya. (*) 

reporter   : eko stianto

editor       : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com