Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 04 Maret 2023

Anggota DPR Vita Ervina Dorong Kesejahteraan Pelaku Perikanan di Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.DI – Pelatihan diversifikasi olahan ikan laut digelar anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI (Purworejo, Magelang Raya, Temanggung dan Wonosobo) Vita Ervina SE MBA. Kegiatan itu  bersinergi dengan mitra Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku perikanan, di mana acara dilaksanakan di Pantai Jatimalang Kabupaten Purworejo, selama dua hari,  1 - 2 Maret 2023. Vita Ervina menyampaikan, pelatihan ini menjadi salah satu strategi program aksi dukungan pemerintah bersama Komisi IV kepada masyarakat di sektor perikanan dalam upaya mewujudkan masyarakat perikanan yang sejahtera dan berkelanjutan. 

Pelatihan pengolahan ikan laut
"Pemerintah juga terus menerus memberikan dukungan program bantuan yang langsung menyentuh dan berpihak kepada masyarakat, mulai dari sisi hulu, seperti penyediaan benih dan indukan ikan, program bioflok, sarana dan prasarana perikanan, alat pembuat pakan ikan, pelatihan dan bimbingan teknis bagi masyarakat, sampai dengan perumusan kebijakan di sektor hilirnya," kata dia. 

"Semua program ini diberikan sebagai modal awal dalam mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan di negeri kita," imbuhnya. 

Fokus pada pelatihan kali ini adalah pelatihan pembuatan olahan ikan laut yang secara spesifik dijelaskan oleh narasumber, bagaimana cara yang baik dalam membuat olahan ikan hasil perikanan laut, seperti dimsum, otak- otak, nugget ikan, bakso ikan dan lain sebagainya. Vita Ervina menambahkan, Kabupaten Purworejo adalah Kabupaten yang terletak di wilayah selatan Pulau Jawa, yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. 

Wilayah Purworejo memiliki garis pantai sepanjang 21,5 km memiliki potensi yang sangat besar di sektor perikanan tangkap (laut). Potensi perikanan tangkap dan budidaya air payau di Purworejo di wilayah pesisir selatan yaitu Kecamatan Grabag, Ngombol dan Purwodadi. 

Untuk beberapa jenis perikanan tangkap yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah bawal putih, lobster, layur, tengiri, jahan, manyung dan pari. “Besarnya potensi perikanan khususnya perikanan tangkap tentunya menjadi anugerah bagi masyarakat nelayan di wilayah pesisir. Bagi masyarakat pelaku perikanan tangkap tentunya jangan hanya terbiasa dengan menjual ikan segar saja akan tetapi menjual olahan ikan yang tentunya secara harga akan lebih baik. Sehingga pada kegiatan hari ini masyarakat akan dibekali ilmu bagaimana cara mengolah ikan yang baik menjadi aneka olahan olan seperti bakso, nugget, stik ikan, dan lain sebagainya,”. 

Dikatakan, pelatihan  fokus pada pengembangan ekonomi produktif dan pemberdayaan masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara bertahap. Menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk terus membina, mengembangkan, serta mencerdaskan para pelaku usaha khususnya di sektor perikanan. 

Diharapkan para peserta pelatihan memiliki pengetahuan yang memadai untuk menjadi pengolah ikan yang profesional. “Peserta yang hadir pada hari ini yaitu perwakilan PKK dari 13 Desa di Kabupaten Purworejo, Ibu-Ibu nelayan yang tergabung dalam KUB yang tersebar di 27 KUB (12 desa di Kecamatan Purwodadi, Ngombol dan Grabag), Ibu-Ibu perwakilan dari Departemen Wanita dan Komunitas Juang DPC PDI Perjuangan Purworejo, serta staf dan penyuluh perikanan Kabupaten Purworejo. Saya berharap kegiatan ini bisa sebagai ajang menjalin komunikasi, koordinasi dan tentunya pengetahuan dalam proses pembuatan pakan ikan secara mandiri, sehingga harapannya masyarakat pelaku perikanan mampu meningkatkan produktivitasnya dan secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkas Vita. (*)

reporter : dewi susilowati

editor    : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com