Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 16 Februari 2023

Purworejo Expo 2023 Dibuka, Jumlah Stan mencapai 160

Dihadiri Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara Internasional Yogyakarta, Badan Otorita Borobudur, Bendung Bener dan jalan tol Cilacap-Yogyakarta. Hadirnya megaproyek tersebut harus  dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan terus menggali dan mempromosikan potensi yang dimiliki, salah satunya melalui Purworejo Expo. 

Purworejo Expo merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Purworejo. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH dalam acara Pembukaan Purworejo Expo 2023, di kompleks pendopo, Rabu (15/2/2023). Hadir Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Ir Siti azizah MBA, Sekda Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon, Asdep pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarno SE MM, Plt Sesdep Bidang Kewirausahaaan Drs Edhi Kusdiyarwoko Dwikencono, unsur Forkopimda, semua kepala perangkat daerah. 

Wabup menyampaikan bahwa saat ini jumlah UMKM di Kabupaten Purworejo tercatat 54.862 unit usaha, dengan aset Rp 153 miliar dan omzet Rp 1,2 triliun. Sementara untuk koperasi berjumlah total 284 koperasi, namun yang aktif berjumlah 139 koperasi. 

"Mudah-mudahan dengan banyaknya event seperti Purworejo Expo ini, dapat menjadi media yang cukup efektif untuk mengenalkan produk-produk unggulan mitra binaan yang merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai karya anak bangsa, agar dapat meningkatkan potensi usahanya." katanya. 

Sementara itu Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM, Ir Siti Azizah MBA mengapresiasi terselenggaranya acara ini. "Saya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo yang telah menyelenggarakan acara ini." ungkapnya. 

Siti Azizah mengungkapkan bahwa UMKM memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. "Saat ini jumlah UMKM mencapai lebih dari 64 juta, memberikan kontribusi terhadap PDB Indonesia sebesar 61% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97% serta mendukung 16,65% kontribusi sektor ekspor non-migas,". 

Sedangkan Kepala Dinas KUKMP Gatot Suprapto memberikan penjelasan Purworejo Expo 2023 dimulai tanggal 15 - 19 Februari, dengan jumlah stan mencapai 160. Kegiatan tidak hanya diikuti oleh UMKM binaan PLUT tetapi juga dari luar Purworejo. Dan terdiri dari pelaku usaha pariwisata, pelaku ekonomi kreatif, pelaku industri dan perdagangan, pelaku usaha pertanian, pelaku bisnis dan investasi, serta para insan pelayanan publik. Pembukaan Purworejo Expo 2023 dimulai tepat pukul 14:15 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo, kemudian dilanjutkan dengan welcome dance Tari Gambyong. Setelah itu dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Purworejo Expo dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Ir Siti Azizah beberapa kali dan dilaksanakan pemotongan pita secara bersama dengan wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH. Acara seremoni selesai kemudian ditutup dengan peninjauan ke berbagai stan. (*) 

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com