Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 04 Februari 2023

Sekretariat Papurma Jadi Posko Antarkomunitas di Purworejo

Pererat Silaturahim, Soliditas untuk Kegiatan Sosial bagi Masyarakat 

Silaturahim di sekretariat Papurma
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Banyaknya komunitas yang bermunculan di Kabupaten Purworejo memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Saat ini, sudah banyak komunitas yang terjun langsung membantu sesama. Melihat potensi komunitas sosial, Paguyuban Purworejo Manunggal (Papurma) berinisiatif dan mengadakan silaturahim di sekretariat Papurma Jalan Diponegoro No 42 Kutoarjo, Jumat (3/2/2023) malam. 

Sebanyak 30 ketua komunitas sosial hadir dari total 45 komunitas yang diundang. Komunitas sosial yang hadir ini berasal dari latar belakang yang beraneka ragam, mulai dari mengurusi anak jalan, kaum duafa, anak-anak panti asuhan, anak-anak yatim piatu, orang tua jompo yang masih produktif sampai komunitas yang mengurusi penyakit kanker. 

Menurut Rofiq selaku ketua pelaksana acara yang sekaligus Sekjen Papurma, tujuan pihaknya mengadakan acara ini, ingin semakin mempererat silaturahmi antarkomunitas yang ada di Purworejo. 

"Kami berinisiatif mengundang kembali teman-teman komunitas silaturahim langsung di sekretariat kami yang sebelumnya pernah diadakan pekan lalu di RM Bale Bebakaran Kutoarjo. Dengan harapan ke depan bisa mengadakan agenda sosial bersama," ujarnya. 

Sedangkan Ketua Umum Papurma HAgung Sunanto SE menyampaikan, dalam kesempatan silaturahim pihaknya berharap terbangunnya soliditas dan sinergi antarkomunitas yang bergerak di bidang sosial, bencana alam, UMKM, seni budaya, kesehatan masyarakat dan pendidikan. 

"Kita bisa saling suport dalam hal apapun kepada komunitas yang ada. Kita juga ingin memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Purworejo. Papurma tidak melakukan kegiatan yang bersinggungan dengan politik, namun murni kegiatan sosial untuk kabaikan masyarakat Purworejo yang membutuhkan uluran tangan kita semua," tegas Agung.  

Agung juga menyampaikan bahwa mulai malam ini sekretariatnya siap dijadikan sebagai posko antarkomunitas di Purworejo 24 jam penuh. Papurma bersama PT Papyrma SaHI Pertindo siap memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan kegiatan sosial. Acara silaturahim ini disambut baik oleh kalangan komunitas yang hadir. 

Banyak sekali pengalaman dari masing-masing komunitas yang dibagikan dalam acara ini. Salah satu perwakilan komunitas yang hadir yaitu Sutarman dari komunitas Paguyuban Subuh Berkah (PSB) menyampaikan, sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari forum malam ini. 

"Sehingga bisa berbagi keresahan yang sama dengan komunitas terkait program sosial unggulan masing-masing," kata dia. 

Senada dengan Sutarman, driver ambulance dari Yayasan Embun Surga, Edi Imam, juga memberikan apresiasi, dengan pertemuan antarkomunitas ini bisa memberikan suntikan energi baru untuk bersama-sama berkolaborasi. 

Edi juga sekilas menjelaskan tentang kegiatan Embun Surga dan Embun Berbagi, pihaknya siap jika dibutuhkan sebagai mobil siap siaga. Dari CPM Corp Peci Miring, Sugiyo, sedikit menggambarkan kilas balik lintas komunitas Purworejo yang pernah ada dan mengajak teman-teman relawan komunitas sosial melakukan visi misi komunitasnya. 

Ketua Sobat Satu Irama (SSI) Antok, sempat menanyakan kepengurusan di posko antarkomunitas dan apakah posko akan melakukan berbagai kegiatan sosial dari masing-masing komunitas yang tergabung. Agung Sunanto memberikan tanggapan, dari semua diskusi pihaknya tidak berani melancangkan diri membuat kepengurusan posko antarkomunitas karena fungsi posko bukan organisasi yang dibutuhkan, tapi komunikasi yang baik yang dibutuhkan. 

"Karenanya setiap paguyuban atau komunitas punya visi misi, program dan rencana kegiatan belajar masing-masing. Posko hanya sebagai sarana komunikasi yang bisa menjangkau secara keseluruhan, dan mudah diakses," tegas Agung. (*) 

reporter  : eko stianto

editor     : tomo widodo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com