Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 10 Februari 2023

Mengenal Yayasan Umi Kulsum Indonesia di Lugosobo Kecamatan Gebang - Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Yayasan Umi Kulsum Indonesia yang berkantor di Seringin RT 01 RW 03 Lugusobo Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo,  adalah organisasi sosial penyelenggara usaha kegiatan sosial yang bergerak di bidang sosial keagamaan dan kemanusiaan. Kegiatannya melalui program pemberdayaan masyarakat dan pembinaan yatim piatu dan duafa serta bimbingan belajar gratis yang saat ini berjumlah sekira149 anak. 

Menjadi komitmen yayasan, memberikan pelayanan sosial yang baik dan terarah sehingga menghasilkan output yang terukur sesuai standar kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan sistem pelayanan panti dan non panti. "Menuju masyarakat cerdas, mandiri, damai dan sejahtera menjadi visi dari yayasan ini," ungkap Ketua Yayasan Umi Kulsum Indonesia, Hasan Tolabi, kepada media ini, belum lama ini. 

Hasan Tolabi menambahkan, Yayasan Umi Kulsum Indonesia ini mempunyai misi menyelenggarakan usaha kegiatan sosial dan memberikan pelayanan sosial untuk kepentingan umat dan kepentingan kemanusiaan melalui pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. 

Diakui, berawal dari kegiatan-kegiatan sosial dari perkumpulan komunitas yang ada di Purworejo hingga bertemu dengan Yayasan Umi Kulsum Magelang saat itu. Yayasan Umi Kulsum Magelang kemudian memberikan mandat untuk mendirikan Yayasan Umi Kulsum di Purworejo pada 11 Juli 2018 dengan nama Yayasan Umi Kulsum Cabang Purworejo. 

Yayasan Umi Kulsum Purworejo diresmikan pada September 2019. Perjalanan waktu berkegiatan sosial sejak diresmikan Yayasan Umi Kulsum Cabang Purworejo, yayasan ini mendapatkan respon positif dari beberapa pihak terkait dan akhirnya berdirilah yayasan yang bersifat mandiri dengan izin dari Dinas Sosial Purworejo dengan nama Yayasan Umi Kulsum Indonesia (Yasuki) pada 21 Januari 2021, bersamaan dengan diresmikannya tanah yang akan dijadikan sebagai gedung asrama yatim, rumah tahfidz dan masjid. 

Yayasan Umi Kulsum Indonesia Purworejo mengantongi legalitas dengan SK Menteri Hukum dan Ham RI, SIOP Dinas Sosial Kabupaten Purworejo dan sudah terdaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Purworejo. 

Yayasan ini bisa lebih terbuka melakukan kegiatan sosial dan membuka donasi dari pihak-pihak terkait dan masyarakat umum. Di bawah kepemimpinan Hasan Tolabi,  yayasan ini mendapatkan sertifikat akreditasi B dari Kementerian Sosial RI, mempunyai beberapa program seperti program Yayasan Shobar Umat (sodaqoh barang untuk umat), Tabungan Yatim, Wakaf Alquran dan Wakaf Tanah. 

Bentuk-bentuk kegiatan terus dilakukan seperti doa bersama dan istighosah, tadabur alam, outbond anak binaan Yasuki, berbagai takjil dan buka bersama di bulan Ramadan, bersih-bersih musala dan lingkungan sekitar yayasan, cek kesehatan gratis, donor darah, pembagian THR dan sembako kepada lansia dan pembagian zakat kepada yang berhak menerima serta pelaksanaan qurban.

"Bentuk kegiatan latihan seperti hadroh, pencak silat, belajar mengaji, belajar menanam, belajar membatik dan salat berjamaah serta hafalan Alquran. Itu merupakan kegiatan untuk anak binaan yang diselenggarakan oleh yayasan ini," kata dia. 

Aksi kepedulian sosial kemanusiaan dan bantuan bencana alam juga menjadia salah satu program yayasan ini. Kunjungan-kunjungan sering pula dilakukan sebagai sarana studi banding dan menambah informasi dengan berbagai pihak lembaga sosial lainnya. 

"Untuk meningkatkan program pendidikan sedang dibangun sarana pendidikan Yasuki di wilayah Kecamatan Bagelen. Penopang dana dari yayasan ini adalah penggalangan dana dari para donatur dan dibukanya unit usaha kuliner Yasuki Paradise di Desa Brenggong Kecamatan Purworejo," terangnya yang menambahkan, usaha kuliner dibuka untuk umum dengan sistem bagi hasil dengan para investor untuk menggerakkan roda operasional Yasuki. Bagi para donatur yang ingin menyalurkan sedekahnya untuk anak-anak yatim dan duafa, bisa datang ke kantor yayasan atau bisa melalui kontak (0275)-2973909 atau 08112650476. (*) 

reporter   : eko stianto

editor      : tomo widodo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com