Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 10 Februari 2023

Puncak HPN 2023 di Purworejo : Pewarta Purworejo Komitmen Tangkal Hoax

Wabup Purworejo Yuli Hastuti memotong tumpeng di resepsi HPN 2023 Pewarta Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar resepsi puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di pendapa Hotel Ganesha Purworejo, Kamis (9//2/2023). 

Hadir dalam acara resepsi ini Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Direktur Keuangan Badan Otorita Borobudur (BOB) Ramlan Kamarullah, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi, Sekda Purworejo Said Romadhon, sejumlah anggota DPRD, Kepala OPD serta para pejabat lainnya. 

Dalam peringatan itu, puluhan media yang bertugas di Kabupaten Purworejo berkomitmen melawan hoax memasuki tahun politik. Mereka juga secara tegas menolak politik identitas. Acara resepsi HPN itu diawali dengan pemutaran video pendek kilas kegiatan HPN 2023 yang dilaksanakan Pewarta Purworejo, lalu pagelaran tari kreasi para siswa SMPN 2 Purworejo. 

Penampilan para siswa itu sebagai wujud apresiasi kepada para siswa yang sebelumnya berhasil meraih medali emas dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tahun 2022. Ketua Pewarta Purworejo, Jarot Sarwosambodo mengatakan jika peran pers sangat krusial dalam sebuah pesta demokrasi atau pemilihan umum (Pemilu). Kondisi sosial masyarakat dalam tahun-tahun politik akan sangat dipengaruhi oleh pemberitaan yang beredar di masyarakat. 

Menurut Jarot, dengan masifnya media sosial saat ini membuat informasi yang beredar di masyarakat sangat lah liar, bahkan tidak sedikit informasi yang beredar itu merupakan berita bohong atau hoax. Maka dari itu, dalam momen HPN tahun 2023 ini, pihaknya bersama wartawan di Purworejo berkomitmen menjadi pelurus informasi bohong yang beredar di masyarakat. 

"Jika hoax tersebut tidak diluruskan maka hal ini akan membuat gaduh di masyarakat, bahkan bisa membuat perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Maka di sinilah peran pers yang sebenarnya, untuk bisa meluruskan informasi-informasi hoax tersebut," kata Jarot pada sela-sela acara. 

Dilakukan juga sesi pembacaan sejarah berdirinya paguyuban Pewarta Purworejo, pembagian hadiah kompetisi tenis meja dan potong tumpeng oleh Wakil Bupati Purworejo. Dalam momen tersebut, seluruh wartawan juga menyatakan siap menjadi garda terdepan untuk melawan informasi hoax di tahun politik 2023 hingga 2024 mendatang. 

Sejumlah pejabat yang hadir dalam resepsi HPN ini juga menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen para wartawan tersebut. Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti mengatakan, berita yang beredar di era digital saat ini sangat beragam. Apalagi dengan adanya peran media sosial yang membuat informasi lebih cepat tersebar. 

"Setiap saat ada yang objektif, ada yang faktual, tapi ada juga berita bohong, membuat kegaduhan dan mengancam persatuan bangsa. Kita harus yakin kondisi saat ini akan mematangkan kita, pers harus mampu meluruskan kekeruhan yang ada di media sosial. Harapannya pers mampu berkontribusi dalam persatuan bangsa dewasa ini," terang Yuli. 

Sementara itu, Ketua Panitia HPN, Yudia Setiandini mengatakan jika dalam peringatan HPN ini Pewarta menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Di antaranya yakni tebar benih ikan, santunan yatim piatu, olahraga futsal bersama mitra Pewarta, ziarah ke makam wartawan, kompetisi tenis meja se-Purworejo, dan puncak resepsi HPN ini. "Semoga kita bersama-sama dapat menjalankan apa tema HPN tahun 2023 yakni dengan mewujudkan pers yang bebas serta menciptakan Demokrasi yang bermartabat," kata Yudia. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com