Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 24 Desember 2022

95 Grup Kesenian Tradisional Terima Bantuan Alat dari Pemkab Purworejo

Bantuan Diserahkan Bupati Agus Bastian

Bupati Agus Bastian menyerahkan bantuan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan bantuan hibah 13 item alat kesenian untuk 95 grup kesenian tradisional. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, didampingI Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasit Diono SSos MM, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (23/12/2022). 

Bantuan secara simbolis diterima oleh grup kesenian Dolalak Putri Lestari Widodo Desa Jenarlor Kecamatan Purwodadi, Grup Rebana Musala Al-Quddusu Desa Candingasinan Kecamatan Banyuurip serta Kuda Lumping Turonggo Mudho Budoyo Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen. 

Selain hibah alat kesenian, Bupati juga menyerahkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 7 juta kepada Penyaji Terbaik I Parade Budaya Perbatasan Tahun 2022. Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, pemberian bantuan hibah alat kesenian merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Purworejo terhadap eksistensi dan peran seniman serta budayawan Purworejo. 

Dolalak Putri Lestari Widodo Jenarlor
Bantuan diharapkan dapat menambah semangat para seniman untuk terus berkarya dan melestarikan kesenian daerahnya. Dikatakan bahwa dengan masuknya arus globalisasi ke Indonesia, kesenian tradisional menghadapi tantangan nilai baru yang melahirkan perangkat-perangkat praktis. Kesenian tradisi yang selama ini menjadi ekspresi masyarakat pendukung untuk menciptakan keserasian antara manusia dan lingkungannya, harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar sejalan dengan tuntutan globalisasi. 

“Kita harus memanfaatkan teknologi untuk memperkuat seni budaya tradisional, serta melakukan adaptasi, modifikasi, dan regenerasi. Modernisasi tidak boleh meruntuhkan seni budaya tradisi, namun justru harus lebih memperkuat,” tandasnya. 

Wabup berpesan kepada penerima bantuan alat kesenian ini agar benar-benar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga sebagai motivasi kepada organisasi kesenian di Kabupaten Purworejo, untuk meningkatkan kualitas grupnya dan melestarikan kesenian tradisional dalam mewujudkan pembangunan di bidang kebudayaan. 

Wasit Diono menambahkan, penyerahan bantuan alat kesenian juga dilakukan secara bersamaan di Gedung WR Soepratman, langsung kepada yang berkepentingan. “Bantuan ini sifatnya hibah untuk menunjang kemajuan kesenian di Purworejo,” imbuhnya. Wasit Diono berharap, bantuan yang sudah diterima dapat di mannfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dirawat, karena akan dilakukan monitoring pemanfaatannya. (*) 

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com