Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 07 Desember 2022

Swadaya, Warga Desa Butuh Perbaiki Tanggul Sungai yang Hampir Jebol

Dibutuhkan Perhatian dari Pihak Terkait untuk Mengatasinya

Perbaikan tanggul sungai di wilayah Desa Butuh Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kepala Desa Butuh Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, Paimun, bersama-sama warga Desa Butuh melakukan kerja bakti, Sabtu 3 Desember 2022 pagi.

Mereka memperbaiki tanggul Sungai Bedono yang hampir jebol. Letak sungai ini membelah antara dua desa yakni Desa Butuh dan Panggel Dlangu. Tanggul yang akan jebol ini terletak di sisi selatan sungai langsung berbatasan dengan persawahan milik warga Desa Butuh sebelah timur pintu air Pekatingan. 

Dikawatirkan oleh warga Desa Butuh, jika tanggul ini tidak segera ditangani akan terulang kembali peristiwa jebolnya tanggul sungai yang mengakibatkan Desa Butuh dan sekitarnya terendam air dengan ketinggian mencapai 1 sampai 2 meter. Hal itu terjadi pada tahun 80-an. Hal ini diungkapkan mantan perangkat Desa Butuh, Jaswadi. 

Dalam pantauan media ini, pengikisan tanggul sungai yang sudah kritis tersebut dikarenakan penggerusan air sungai akibat debit air yang besar. "Kemudian perencanaan normalisasi sungai yang tidak sempurna," kata mantan anggota DPRD Purworejo, Imam Abu Yusuf, yang merupakan tokoh masyarakat Desa Butuh.  

Pengerjaan perbaikan tanggul sungai yang kritis ini dilakukan secara sederhana sekali oleh warga, sedangkan pendanaan dari swadaya masyarakat. Sebelum pengerjaan perbaikan tanggul, sudah dilakukan rapat desa dahulu dengan mengundang instansi terkait seperti Probolo selaku pengelola sungai. "Namun disayangkan ternyata dari pihak Probolo tidak ada  yang datang," aku Paimun yang dibenarkan Imam Abu Yusuf. (*) 

reporter    : ngabdiri koim/heri prastowo

editor       : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com